Tuesday, February 6, 2018

Ada Sule Keliling Komplek

38 comments


Ada sule keliling komplek. Setiap hari ada sule keliling komplek perumahan loh. Wah, biasanya anak-anak seumuran tujuh tahun sampai sepuluh tahun mengejar sule sambil memanggil-manggil dengan teriakan dari mulut-mulut mungil mereka.

"Sule, sule, beli sule ....!!!!" Suara anak-anak itu bersaut-sautan dengan suara yang dibuat sedemikian rupa oleh si pengemudi di sepeda motor yang menjajakan susu kedelai. Ya, sule kepanjangan dari susu kedelai.

Susu kedelai kesukaan anak-anak ada banyak varian rasa, yang saya lihat saat menghampiri bok yang dibawa oleh penjaja susu kedelai ada rasa coklat, strawbery, pandan, vanila dan original kedelai.

Harganya sangat murah cukup dua ribu rupiah anak-anak sudah bisa menikmati setengah cangkir susu kedelai. Meski harganya murah tidak perlu ragu tentang kehigenisan dan gulanya juga gula putih asli.

"Mang ini pakai pemanis apa ya?" Begitu tanya seorang ibu yang sedang mendampingi anaknya membeli susu kedelai.

"Ini pakai gula putih bu." Begitu jawab si mamang penjual susu kedelai sambil sibuk melayani para pembeli ciliknya dengan gembira.

"Soalnya saya khawatir nanti anak-anak sakit mang, maaf ya mang."

"Tidak apa-apa bu."

Adakah yang berkenan membaca ini? Terima kasih ya ....

Aku sih percaya dengan yang dikatakan mamang pejual susu kedelai tersebut, buktinya mamang penjual susu kedelai tidak pernah absen menjajakan dagangannya berkeliling komplek dan kerap diserbu pembelinya yang rata-rata menjadi pelanggan tetapnya. Oh ya pelangganya juga tidak hanya anak-anak kecil, tapi juga orang dewasa bapak-bapak, ibu-ibu, om dan tante juga ada loh ....


Ada Sule Keliling Komplek


Kita memang harus ekstra hati-hati dengan jajanan anak-anak zaman sekarang. Maklumlah sekarang banyak penjual yang nakal. Kadang penjual hanya asal untung saja tidak memikirkan efek buruk kesehatan konsumennya.

Kita juga harusnya janganlah kebangetan, ingin harga yang murah, tapi enak dan berkualitas. Pikirkan juga nasib penjualnya, mereka juga ingin ada hasil dari perniagaannya.

Seperti penjual susu kedelai ini yang menggunakan kendaraan (moda) sudah pasti butuh bensin untuk menjalankan motornya dan pastinya harus ada untung yang bisa dia gunakan untuk kebutuhan hidupnya dan keluarganya.

Sule tidak hanya keliling komplek, tapi juga kesekolah-sekolah. Biasanya sule keliling komplek setelah mangkal di sekolah pagi harinya dan anak-anak sudah masuk kelas sule baru keliling komplek masuk gang keluar gang.

Sule dijual dalam kantong plastik bening yang diikatkan pada ujungnya tidak ada merknya memang. Sule dijual ada yang masih hangat ada juga yang sudah didinginkan, sule dingin.

Dengan bok yang diletakkan pada motornya mamang penjaja keliling sule naik turun motor melayani pembelinya walau cuma beli satu kantong dengan harga dua ribu rupiah tetap dilayaninya dengan senyum.

Ya namanya juga krucil alias anak-anak kecil kadang ada yang rewel mau beli satu kantong saja bolak-balik tukar rasa, "nggak mau yang strowbery!" Mamang kemudian menunjukkan rasa lainnya dengan senang hati dan sabar.

Mungkin saja untung dari penjualan sule atau susu kedelai tidak seberapa, tapi sudah dua bulan ini aku perhatikan si mamang penjaja susu kedelai itu tetap berjualan. Ya itu karena aku baru dua bulan tinggal di komplek perumahan ini.

Semoga saja mamang penjual sule atau susu kedelai selalu sehat, dagangannya lancar motornya juga nggak ngadat-ngadat, karena kalau pakai sepeda jangkauan pemasarannya kurang luas dan daerah yang dilewati juga kadang menanjak itu alasannya mengapa beliau menggunakan motor untuk melancarkan dagangannya.

Ada yang ingat dengan kalimat ini?

"Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, kamu tetaplah seorang pegawai dan sekecil apapun usaha yang yang dimiliki kamu adalah bosnya."




Nah ini yang aku maksudkan ada sule keliling komplek, bukan sule seperti yang kamu pikirkan ya .... Dah aku mohon pamit nyuwon sewu kalau ada kata yang salah pissss deh itu sama sekali tidak ada unsur kesengajaan melainkan kekurang sempurnaan sang admin jejak maya. Semangat ngeblog untuk semuanya.

Alhamdulillah ....
Semoga ada manfaatnya.


kisah motivasi : Ada Sule Keliling Komplek

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

38 comments:

  1. Nggak tau kenapa aku nggak suka sule, dan jarang juga sih yg keliling komplek pakai sepeda gitu.. Biasanya ada di warung2 deket rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak suka sule nggak apa-apa
      nggak didenda kok hehe
      nah itu dia biasanya malah buat sendiri deh
      ini hasil observasi amatiran hehe

      Delete
    2. akibat terlalu berteman akrab dengan KPK deh nihkayanya virusnya udah menjalar ke admin...judulnya heboh, oadahal Sule nya SUSU KEDELAI

      Delete
  2. Hahahaha...
    Mba Maya tahu aja kalau saya terkecoh. Kirain sule beneran, ternyata susu kedelai toh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sule beneran dong
      susu kedelai
      hehe

      Delete
  3. Hehehe.. Judulnya lumayan mengecoh. Berbicara tentang susu kedele, bagi orang yang pertama kali mencobanya pasti bikin mual. Gitu sih menurut saya. Tpi kalo udah biasa, malah bikin ketagihan. Iya gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, maaf kalau gitu
      Mungkin saja karena belum terbiasa kaget kali pencernaannya

      Aku malah lebih condong ke susu sapi hehe

      Delete
  4. di tempatq kga ada orang jualan susu kedelai sambil keliling..
    sulenya di bungkus kemasan botol or pake plastik may?
    klo di tempatq di pasar pagi ada yg jualan, itupun di bungkus pake plastik.. jadi minumnya ya di kenyot..
    nyot nyot di kenyot nyoott...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tahu semenjak di tempat baru ada sule keliling komplek, pernah minum susu kedelai buatan sendiri itupun cuma satu kali
      haha ... cara minumnya unik juga ya

      Delete
    2. haha.. cara minumnya anak kecil banged ya..^^

      Delete
  5. Sule itu benar2 minuman yg sangat kaya akan kandungan protein yg bersumber dr kedelai itu sendiri, selain itu juga mengandung anti aging dan vitamin E yg sangat baik untuk kulit supaya awet muda.
    Biasa nya saya selalu beli sule setiap selesai joging di pagi hari, rasa nya langsung segar setelah joging :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku jadi ingin rajin minum sule kalau gitu biar awet muda hehe ...
      Masih susah pindah kelain susu masih terbiasa dengan susu sapi nih

      Delete
    2. Ayo di mulai mengkonsumsi yg nabati juga :D :D

      Delete
  6. susu kedelai ini banyak manfaatnya, akan tetapi kita harus hati-hati dalam membeli sule iini jangan sampai sudah basi kita beli, bisa keracunan, beli selagi masih hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, teliti sebelum membeli dan jadilah konsumen yang cerdas

      Delete
  7. susu kedelai sangat saya sukai
    harganya bersahabat dan gizinya menjulang tinggi ke angkasa raya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, semoga sehat selalu ya om

      Delete
  8. Judulnya cukup kreatif, bikin penasaran, kebetulan saya fansnya sule. Ternyata susu kedele yg lewat komplek, hehe…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ini karena orang sekitar komplek memang memanggilnya dengan sebutan sule hehe

      Delete
    2. Iya mba may, gpp.. Dengan panggilan sule, kayaknya orang orang malah lebih familiar ya, gak terlalu panjang dan lebih mudah diingat.

      Delete
  9. wah kirain kang sule yang ada di ini talkshow, rupanya susu kedele

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini sule yang ada di komplek bukan yang di talkshow hehe

      Delete
  10. dulu waktu zamankuliah suka banget dengan air tahu mungkin sejenis ini ya sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mas, saya belum tanya-tanya sama mamg penjual sule tentang hal ini

      Delete
  11. Kalo sule yang ini menyehatkan badan, kalo Kang Sule membuat tertawa ya Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, bisa aja sis
      Beda sule keliling komplek dengan sule komedian ya

      Delete
  12. Dekat kost saya ada jualan susu kedele tapi gak di singkat sule mbak maya hehe
    dan rasanya hanya ada original saja.

    Sekecil apapun usahanya yg penting halal dan tidak merugikan orang lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga belum tahu awalnya siapa yang menyingkat susu kedelai menjadi Sule

      Delete
  13. yang kaya gini belum merasakan jadi penjual kali

    "Kita juga harusnya janganlah kebangetan, ingin harga yang murah, tapi enak dan berkualitas. Pikirkan juga nasib penjualnya, mereka juga ingin ada hasil dari perniagaannya"

    ReplyDelete
  14. hahaha.... saya pikir Sule yang artis itu yang keliling komplek, saya pikir ngapain sule keliling komplek, lagi syuting...

    ternyataaa..... Mamang PENJUAL SUSU KEDELAI.......ampyunnn,,,, gue tertipu,,,, :)

    ReplyDelete
  15. Saya malah gak doyan susu kedelai. Rasanya entah kenapa kaya tumbuh-tumbuhan gitu di mulut

    Hahaha

    ReplyDelete
  16. kalau di komplekku lumayan banyak yang jualan, tapi hanya beberapa yang mengena di hati, seringnya susu kedelai manissss banget, kayaknya ditambah gula yang banyak :D

    ReplyDelete
  17. kirain prikitiew :)
    klo habis minum sule bawaannya kok ngantuk ya...
    tapi saya suka

    ReplyDelete
  18. Hahhahaha
    Jadi susu kedele? XD

    Kreatif amat

    Dulu di daerah ku juga sering ada. sule sama susu murni. Tapi beberapa tahun ini udah nggak pernah ada lagi kayaknya :(

    ReplyDelete
  19. Sule, susu kedelai.. Ketipu dah, kiraen sule yang asli

    ReplyDelete
  20. mang Sule nya nginep di rumahnya neng Maya ya?
    kok betah masih mang sule aja udah seminggu teh

    ReplyDelete
  21. Salah satu kesukaan saya nih si susu kedelai mba, hehe
    Tapi di kampung saya jarang banget lewat gak tahu kenapa, jadinya jarang beli deh
    Iya nih mba sewu katanya nyuwun sewu gak nyuwun satus :v piss

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu