Kamis, 04 Mei 2017

Rasa Cemas yang Berlebihan

46 comments

Rasa cemas yang berlebihan tidak selalu berdampak negatif. Rasa cemas atau khawatir yang berlebihan juga berdampak positif baik untuk kecantikan, kesehatan, keamanan dan disiplin.

Jadi untuk mereka yang memiliki rasa cemas yang berlebihan seharusnya merasa senang dengan khabar gembira ini. Berdasarkan fakta dilapangan rasa cemas atau khawatir yang berlebihan memberikan manfaat dan energi positif bagi si pemilik sifat ini. Seperti dilansir dilaman Medical Daily oleh seorang psikolog yang bernama Kate Sweeny. Kate Sweeny mengatakan :

"sisi positif dari rasa cemas atau khawatir berlebihan tertular penyakit bisa menjadi suatu motivasi untuk meningkatkan kesehatan tubuh."

Selain dari segi kesehatan ada lagi sisi positif lainya dari rasa cemas atau khawatir yang berlebihan ini sesuai dengan rasa cemas atau bentuk pada kekhawatiran tertentu, atau cemas pada hal apa.

Khabar gembira bagi mereka yang memiliki rasa cemas yang berlebihan, karena memotivasi seseorang untuk beradaptasi dan melakukan sesuatu, berikut sisi positif dari rasa cemas atau khawatir :

1. Aman

Mereka yang merasa cemas atau khawatir akan terjadinya masalah lalulintas, tentu akan sangat berhati-hati saat di jalan raya. Mereka juga akan sangat peduli kelengkapan administrasi kendaraannya, baik itu kendaraan roda dua, roda empat, kendaraan bermotor maupun kendaraan tanpa mesin sekalipun. Mereka juga akan sangat peduli dengan atribut dalam berkendara, seperti pelindung kepala atau helm bagi kendaraan roda dua. Selalu menggunakan sabuk pengaman atau seatbelt bagi kendaraan roda empat, dan sebagainya.

2. Cantik

Bagi mereka dengan rasa cemas berlebihan akan kerusakan kulit tentunya akan berusaha untuk melindungi kulitnya, seperti rajin menggunakan tabir surya, rajin mengkonsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi kulit, rajin menggunakan payung atau pelindung lainnya. Karena kecemasannya memotivasinya untuk beradaptasi dan melakukan sesuatu untuk melindungi dan menjaga kecantikannya.

3. Sehat

Seseorang yang sangat mengkhawatirkan tertular penyakit, baik penyakit seksual maupun penyakit lainya dia akan melakukan segala pencegahan yang memungkinkan dirinya tertular penyakit baik melalui gaya hidupnya maupun dengan segera mendatangi ahli medis untuk mendapatkan informasi yang akurat bahkan bisa jadi dia akan melakukan cek up sebagai upaya pencegahan dari tertularnya penyakit.

4. Disiplin

Cemas atau khawatir yang berlebihan akan tidak tepat waktu memotivasi seseorang sangat disiplin dalam menggunakan waktunya dengan baik. Rasa tidak nyaman saat terlambat untuk datang pada suatu acara atau jam masuk kantor atau terlambat masuk sekolah hingga membuatnya untuk merencanakan segala sesuatu dengan teratur dan disiplin.

5. Persiapan lebih matang

Seseorang yang khawatir atau cemas tidak maksimal dalam mempersiapkan sesuatu akan memotivasinya untuk melakukan persiapan yang matang dan rinci. Misalnya saat akan melakukan kunjungan ke luar kota dia akan menyiapkan segala kelengkapan yang mungkin akan digunakan saat berada disuatu tempat. Bagi yang akan melakukan interview untuk suatu lamaran pekerjaan tentunya dia akan menyiapkan dengan sesempurna mungkin dari segi penampilan maupun bahan jawaban saat inteview berlangsung.

6. Solusi

Mereka yang mempunyai rasa khawatir atau cemas yang berlebihan akan selalu menyiapkan jalan keluar atau solusi. Maksudnya mempunyai rencana solusi yang baru apa bila rencana yang diajukan gagal atau siap dengan rencana B apabila rencana A gagal.

7. Setia

Rasa cemas yang berlebihan karena takut kehilangan akan membuat sipemilik sifat ini akan berusaha memberikan yang terbaik pada pasangannya. Bagaimana ia menyiapkan semua kebutuhan pasangannya, memperhatikan penampilannya, menyediakan waktu untuk selalu siap kapanpun sang pasangan membutuhkan bantuannya. Mengupayakan apa yang membuat pasangannya untuk tetap bersamanta.

Jadi rasa cemas atau khawatir yang berlebihan memotivasi seseorang untuk beradaptasi dan melakukan pencegahan. Arahkan rasa cemas yang berlebihan kearah yang positif agar rasa cemas yang berlebihan tidak mengganggu kesehatan dan hubungan harmonis anda dengan keluarga juga menjadi semakin manis. Jangan biarkan rasa cemas yang berlebihan menguasai anda untuk melakukan hal-hal yang negatif.

Salam hangat dari Maya
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

46 komentar:

  1. Wahh, ini saya banget.. Segala sesuatu saya selalu memikirkan dan mencemaskan. Bahkan untuk mengomentari "rasa cemas yang berlebihan" ini pun saya pertimbangkan agar sesuai dengan artikel.

    Baiklah rasa cemas berlebihan ini. Mencobo tuk seperti yang telah duterangkan di atas. Mengarahkan rasa cemas yang berlebihan kearah yang lebih positif. Makasih lho ya.. Akhirnya tahu.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip kembali kasih semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Jadi rasa cemas berlebihan ada manfa'atnya juga ya kaka? Baru tau nih.. Berarti bisa dibilang normal kan kaka? Kira'in akunya yang aneh, soalnya orang2 terdekatku selalu bilang gt.. Aku dibilang lebay sa'at aku mengkhawatirkan sesuatu hal.

    Padahal.. apa yang aku cemaskan sering terjadi lho, makanya aku takut kaka.. temenin dong? (ujung2nya.. haha..)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang disebutkan diatas rasa cemas tdk selalu berdampak negatif

      kok temenin udah gedekan? sana pergi sekolah 😀

      Hapus
  3. makanya supaya nggak cemasnya berlebihan mah yang paling gampang sandarkan diri kepada-Nya selalu dan hidupkaya sayah, nyantey kaya dipantey..hadeuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu bersandar kepada Allah, nah ini rasa cemas pun menjadi terarah mend lebih dekat pd sang khalik
      sayangnya saya nggk suka pantai, panas 😀

      Hapus
    2. saya mah bisa nyantey kaya dipantey walaupun hanya diberanda rumah kok...padahal rumahsaya di gunung...

      cobain deh gih

      Hapus
    3. boleh juga deh dicobaain sambil ngebayangin kayak di gunung eh salah di pantai 😀

      Hapus
    4. jangan lupa nyantey kaya dipanteynya bawa sarung sendiri yah

      Hapus
  4. Betul juga sih tapi rasa2nya ada juga cemas yg sulit di kontrol, misalnya ibu mencemaskan anaknya, sementara anaknya gak mau dengerin apa kata ibunya, dlm kasus ini saya rasa ibunya bakal stres.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu yg setres karena anaknya memang ada, tp ibu yg bahagia dan merasa tenang karena sang anak memahami sang ibu banyak loh
      semua berawal dr didikan awal 😀

      Hapus
  5. ow, gitu ya. aku kira selama ini rasa cemas itu lama2 bikin orang selalu berpikiran buruk dengan apa yg dicemaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk itu perlu pengalihan dari kecendrungan untuk selalu berpikiran buruk

      Hapus
    2. nah itu solusinya ya mbak, harus dialihkan ke hal-hal yang lebih positif kali

      Hapus
  6. Oh ternyata cemas
    Bikin sehat dan cerdas
    Tambah disiplin dalam tugas
    Penampilanmakin cantik berkelas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitu mbak yang saya alami memang ada usaha untuk mengarahkan kearah yg positif

      Hapus
  7. Rasa cemas itu fitrah jadi nggak bisa lenyap 100% kita hanya bisa memanage rasa cemas itu menjadi sesuatu yang produktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu pointnya pak, lebih kearah positifnya

      Hapus
  8. Ternata rasa cemas itu peting juga kita punyai ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. penting mengarahkan kearah positif maksudnya mbak

      Hapus
  9. adanya rasa cemas mungkin karena masih hidup ya.., hehe

    saya sependapat sama mas @Dwi Sugiarto

    BalasHapus
    Balasan
    1. manusiawi ya, tp memanage rasa cemas itu kearah yg positif itu jarang org melakukannya

      Hapus
  10. Saya jadi berasa cantik. Sering cemas soalnya. Apalagi pas tanggal-tanggal tua. Cemas dan kawatir ga bisa bertahan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasa cemas saat tanggal tua membuat orang utk berhemat agar bisa bertahan hehe

      Hapus
  11. aku juga sering merasa cemas hanya gara2 belum ngopi, ya gak tahu juga sih? kalau belum ngopi kayaknya ada yang kurang gitu.., hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. cemas karena belum ngopi? Atau cemas karena belum ada yang membuatkan kopi hehe ....

      Sama aku juga terbiasa ngopi setiap pagi, secangkir kopi hitam dg sedikit gula

      Hapus
  12. Rasa cemas yang sesuai dengan kadarnya boleh saja karena akan meningkatkan kewaspadaan pada semua hal, baik itu kesehatan dan kecantikan tubuh. Karena secara naluri organ tubuh akan meningkatkan keamanannya.

    Lagi..lagi numpang ngopi disini biar rileks ☕ 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😀 jadi tak selamanya buruk ya
      oh kalau soal ngopi memang jadi kebiasaan admin di pagi hari, mari ngopi di rumah masing-masing haha

      Hapus
  13. Rasa cemas dan khawatir yang berlebihan, jika ditanggapi secara positif akan meningkatkan kewaspadaan kita terhadap sesuatu yang kita cemaskan.

    Kalau aku selalu merasa cemas dan khawatir saat mau membuat post baru di blog.
    Cemas dan khawatir kalau tulisanku gak ada yang mau baca. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasa cemas yang berlebihan karena tidak ada yang membaca membuat kang Djaka menghasilkan tulisan yang semakin baik 😀

      Hapus
  14. sepertinya yang berlebihan itu biasanya sudah tidak baik ya bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau main hp berlebihan tanpa rasa cemas mengganggu aktifitas berarti tidak dimanage rasa cemasnya nak 😀

      Hapus
  15. Rasa cemas memang tidak baik,,, ada banyak hal yang bisa membuat seseorang memiliki rasa cemas yang berlebihan,, dan tidak baik untuk kesehatan, malah bikin kita stress... tapi kalau dicemasin sama pasangan yah itu namanya perhatian,,, yang jadi maslah adalah ketika kadarnya berlebihan...

    BalasHapus
  16. Terus Bedanya Cemas sama Remas apa sys...????

    intinya cemas itu ada negatif & ada positifnya yaa! Sys.. tapi umumnya orang cemas pasti karena hal yang nggak ngenakin haahaaa!!! cemas punya hutang atau ditagih hutang.. atau tarik kutang haahaaaa!!!...

    BalasHapus
  17. Rasa cemas ternyata ada sisi positifnya juga ya neng, tergantung bagaimana kita cara mengambil sikap dari keadaan tersebut...

    BalasHapus
  18. Ohh gitu toh mbak ternyata rasa cemas yang berlebihan juga ada manfaatnya yah... makasi mbak atas sharingnya :)

    BalasHapus
  19. ada sisi positifnya juga ternyata cemas yg berlebihan :) terimakasih infonya ukhti :3

    BalasHapus
  20. Aku banget nih Mba, baru tahu ternyata ada manfaatnya juga ya. Nice info :)
    Fokus ke point 7, setiap. Berarti tipe yang setia ya..hehe
    Sekarang tanggal 7 lagi..he

    BalasHapus
  21. Rasa cemas walau terlihat sebagai sifat manusiawi, namun hal tersebut harus bisa dikendalikan agar tidak berlebihan ya mba.

    BalasHapus
  22. cemas, merusak semuanya, kecantikan, perasaan dan bikin dagdigdug ya mbak

    BalasHapus
  23. yg penting ayahnya ke positif ya mbak

    BalasHapus
  24. Semua ada manfaat kalau kita tempatkan dengan benar. Termasuk rasa cemas juga :)

    BalasHapus
  25. biasanya kalo rasa cemeas berlebihan bisa bikin deg-degan. hatinya tetap tidak tenangg. merasa ada ancaman yang perlu dituntas habiiiiiiiiiis....

    BalasHapus
  26. berdoa bagiku obat mujarab saat rasa cemas ini muncul mbak

    BalasHapus
  27. Terkadang rasa cemas suka datang begitu saja ya teh, apalagi kalau kita punya masalah. duhh...kadang tidurpun susah.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu