Jumat, 08 Juni 2018

Festival Tongklek 2018 Jatirogo

31 comments

Festival Tongklek 2018 Jatirogo Tradisi Leluhur para Wali. Melestarikan musik tradisional menjadi kewajiban generasi di masa sekarang, salah satunya Warisan Para Wali, yaitu musik tradisional Tongklek yang ada di Jatirogo kabupaten Tuban Jawa Timur.


Festival Tongklek 2018 Jatirogo


Festival Tongklek menjadi pemandangan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tongklek hanya dipertunjukkan di bulan Ramadhan tujuannya adalah membangunkan warga untuk makan sahur.

Setiap daerah tentu punya tradisi untuk menandai saatnya bangun sahur. Ada yang sengaja berkeliling kampung dengan cara bergiliran dan membentuk grup atau tim yang biasanya terdiri dari sepuluh orang bahkan lebih sambil membunyikan kentongan suatu keramaian yang cukup menarik perhatian dan mereka dengan senang hati melakukkannya walau tanpa ada imbal jasa yang mereka dapatkan. Ya ada juga daerah lainnya membangunkan sahur dengan cara shalawatan di mushalla atau masjid saja yang pasti tujuannya sama baiknya juga.

Begitu pula dengan keramaian atau kemeriahan musik tradisional tongklek ini sangat menarik perhatian warga. Dengan kostum unik dan tetabuhan alat musik tradisional yang dibunyikan mengundang perhatian yang sangat sayang untuk dilewatkan. Warga akan rela berjejer di lokasi tempat diadakannya tongklek tersebut demi menyaksikannya langsung.

Mereka yang tergabung dalam festival tongklek terdiri dari pemuda pemudi dan orang dewasa berkeliling kampung sambil bershalawat dan membawakan lagu-lagu religi, jadi bukan sekedar berteriak-triak tanpa makna. Terbayang indahnya dibangunkan untuk bersahur dengan shalawat dan puji-pujian, masyaallah.

Tongklek dikenal sebagai musik tradisional warisan para Wali yang bertujuan untuk membangunkan warga saat makan sahur. Meskipun banyak musik modern yang menjamur demi untuk melestarikan tradisi leluhur ini festival tongklek tetap dilaksanakan di malam bulan Ramadhan, jadi memang sangat sayang untuk dilewatkan moment tersebut karena tradisi ini hanya ada setahun sekali yaitu hanya ada di bulan Ramadhan biasanya puncak tradisi tongklek di malam ke 21 Ramadhan, agar lebih meriah biasanya diadakanlah festival tongklek warisan leluhur ini yang diikuti oleh seluruh warga yang membentuk kelompok atau grup.

Tradisi Tongklek tidak akan ditemukan bila bukan di bulan Ramadhan itu sebabnya banyak yang sangat ingin mengabadikan moment ini dengan berbagai cara, misalnya para youtuber merekam dan menyimpan rekamannya di akun youtube yang mereka punya. Semoga dengan semakin banyak yang mengabadikan tradisi tongklek ini akan terjaga kelestariannya sehingga kelak para generasi berikutnya akan tetap bisa menikmati acara yang cukup unik juga sakral tersebut.

Penasaran dengan kemeriahan tradisi unik ini? Dengan durasi yang cukup singkat semoga tayangan dibawah ini bisa mewakili postingan ini secara keseluruhan. Silahkan lihat tayangan video berikut ini obati penasaranmu aku yakin kamu akan sangat tertarik. Lihatlah! Festival Tongklek 2018 Jatirogo tanpa aku sebutkan kamu pasti tahu pemilik rekaman ini.



Waktu digelarnya festival tongklek ini biasanya seusai shalat tarawih hingga waktu sahur tiba biasanya pukul 02.00 dini hari.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

31 komentar:

  1. Tradisi ramadhan setiap daerah berbeda2 sehingga memberikan corak warna bagi ramadhan di nusantara.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekayaan yang mungkin tidak dimiliki oleh bangsa lain dan harusnya membuat bangga bangsa ini

      Hapus
  2. Kalau dikampung saya sepi sudah tidak ada lagi budaya membangunkan suar dengan keliling kampung. Benar-benar seyap. Mungkin lebih asek nonton tv.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beda tempat beda lagi kebiasaan, kalau kampung saya masih lumayan rame walau di plosok masih ada warga yang memukul kentongan dan ada shalawatan di masjid yang tujuannya membangunkan sahur
      jadi semangat waktu bersahur

      ya acara TV mungkin lebih heboh dan lebih menarik perhatian ya hehe

      Hapus
  3. Waahhh!! Meriah juga yaa!! Acara Tengkolek dijawa timur ini...😄

    Intinya agar masyarakat selalu dekat dengan allah...Selama Ramadhan yang hanya setahun sekali karena nilai pahala dibulan ramadhan begitu besar..😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sangat meriah karena hanya ada setahun sekali dan di bulan Ramadhan

      Semoga efektif sebagai seruan mendekatkan diri pada sang penciptanya

      Hapus
  4. Ditempatku juga seperti di kampung mas Djangkaru .., sepi ngga ada suara bangunin sahur.
    Dulu saat aku kecil sih ada.
    Dikampungku namanya lucu loh,kak ... namanya Kotek kudung 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. KOtek kudung, mungkin dengan cara mengadakan festival yang boleh diikuti setiap lapisan masyarakat bisa mengangkat kembali tradisi yang mulai ditnggalkan seperti kotek kudung di kotamu

      Hapus
  5. Klu d kampung saya boasanya d masjid" n mushollah" yang membangunkan orang sahur,
    Kalu tradisi sperti itu tdak ada..

    Tp pas lihat keseruan videonya, nampaknya asik sekali,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ini bukan Ramadhan yang terakhir bagi kita ya
      dan kalau ini Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan terakhir semoga Allah meridhai semua amalan kita
      aamiin

      Hapus
    2. Selamat hari raya idul fitri,
      Minal aidin wal faizin.
      Mohon maaf lahi batin mbak,

      Hapus
  6. Saya baru dengan nama ini, namun tradisi membangunkan ada setiap daerah,ditempat saya saat ini dibangunkan biasa masjd, ada juga kadang anak anak keliling. btw yuk kita Partneran blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tahu tradsi ini dari tetangga yang berasal dari Jawa, ya pada umumnya membangunkan sahur kebanyak lewat pengeras suara di Masjid dan ada pula yg sengaja berkeliling kampung

      Ya partneran blog tentu dg senang hati dan semoga bisa saling mendapatkan kebaikan
      aamiin

      Hapus
  7. Setiap daerah memang berbeda-beda ya, Teh.
    Dan saya baru tahu nama festival ini. Dan sekarang jadi tahu. Yang kurang satu, pengen liat langsung jadinya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dunia blog dan media sosial bisa efektif untuk dimanfaatkan memperkenalkan tradisi-tradisi yang ada di nusantara tercinta

      Hapus
  8. kalo di tmpat saya ada tongtek, ya semacam tongtlek gitu, cuman kalo ditmpat saya yg pada tongtek an anak anak kecil dan biasanya suka ribut pada berantem haha, kmren juga udh tak share di blog saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anak kecil ribut itu biasa, oh ya nanti saya lihat postinganmu ya

      Hapus
  9. aku baru tau ada festival tonglek, seru iya acaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru dan meriah kan cuma ada di bulan Ramadhan

      Hapus
  10. Waw lama juga ya setelah terawih sampai sahur, tapi kalau asik selama apapun tak terasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk acara ini tidak terasa lama tentu bagi yang menikmatinya

      Hapus
  11. Waaah, boleh juga nih dibuatkan festival. Semoga ini menginspirasi daerah-daerah yang lain.

    BalasHapus
  12. blm pernah liat nih festival congklek. diliat dari videonya rame bener, deh.

    BalasHapus
  13. Ditunggu post terbarunya gan hehe.

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. patut diberi apresiasi nih kegiatan seperti ini karena sudah jarang sekali di tempat saya mengadakan acara tradisi seperti ini

      Hapus
  15. mesti saban tahun tertunggu-tunggu kehadiran festival ini, bukan?

    BalasHapus
  16. Wah mantap niat baiknya untuk melestarikan warisan leluhur. Pasti akan kangen dengan tradisi ini ya mbak, secara kan setahun sekali. Biasanya di kampung-kampung tradisi membangungkan sahur lebih meriah dibanding di kota. Good job

    BalasHapus
  17. TRADING ONLINE TERPERCAYA
    Ini dia, Broker Trading yang Transaksi Aman dan Proses Cepat
    HASHTAG OPTION merupakan platform trading Binary Option berbasis di Indonesia.
    Kami menawarkan produk-produk Cryptocurrency & Forex.

    yuk gabung yukkk visit link nya www.hashtagoption.com
    Minimal DP Rp. 50.000,- dapat BONUS Depo awal 10%** T&C
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Ada BONUS REFERRAL juga lohhh...
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover....

    Kami juga menyediakan AKUN DEMO untuk Trader HASHTAG OPTION yang ingin berlatih, sampai kamu benar-benar bisa menuju AKUN REAL

    BalasHapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu