Jumat, 26 Januari 2018

Resiko Bila Tidak Memperpanjang Domain Berbayar

51 comments



Resiko bila tidak memperpanjang domain berbayar. Assallamuallaikum ..., kembali jumpa dipostingan hari ini, alhamdulillah ....
Kali aku sekedar ingin berbagi rasa saja lewat postingan blog jelmayatiasa.blogspot.com. Hem, bingung mulai dari mana ya? Ada banyak rasa yang ingin aku ceritakan sampai lupa mengawalinya dari mana dan bagaimana. Eh, tapi sebelumnya tolong dipahami ini bukan keluhan atau sejenisnya ya ... e ini hanya sekedar sekumpulan rasaku dan bukan rasamu hehe .... Mungkin ada yang berpikiran bahwa ini tidak penting di share, monggo dengan pendapatnya tidak masalah, tapi untuk admin blog jejak maya merasa perlu agar tidak menimbulkan hal-hal atau dugaan yang salah bagi penyedia layanan. Jadi mohon dengan sangat untuk dimaklumi. Yuk kita mulai!

Begini sahabatku, beberapa hari ini aku mendapat beberapa pesan lewat aplikasi perpesanan Whatsapp (WA) juga lewat inbok via facebook yang menanyakan ada apakah gerangan yang terjadi dengan blog jejak maya tidak bisa di akses? Sampai ada yang berulang-ulang kali tetap tidak bisa masuk.

Hal ini sempat mendatangkan beberapa perasaan yang sangat beragam dalam diri admin jejak maya. Perasaan ini tentunya sangat positif dalam artian admin jejak maya merasa termotivasi kembali untuk tetap menulis dengan segala kemampuan yang ada demi kembali normalnya blog yang sudah admin kelola sejak satu tahun silam.

Blog ini mungkin tidak ada artinya buat orang lain, tapi buat aku sebagai admin blog sudah seperti rumah keduaku, luar biasa sangat berarti bagi seorang Maya pemilik blog sederhana ini. Setahun yang lalu aku pakai domain com (jejakmayaku.com) alhamdulillah masa domain itu kini sudah berakhir sejak tanggal 17 Januari 2018 dan kini blog Jejak Maya kembali ke domain gratisan jelmayatiasa.blogspot.com.

Awalnya aku ingin tetap perpanjang dan sudah aku persiapkan segalanya, tapi entah apa dalam pikiranku waktu itu sehingga aku putuskan tidak memperpanjang domain tersebut. Aku sempat minta pertimbangan seorang teman yang selalu dan sudah banyak membantuku mengurus blog ini yaitu admin blog berbagi mas Jeni menurut beliau tidak ada resiko apa-apa nanti akan kembali ke alamat lama blogspot.co.id. Namun tetap saja keputusannya ada padaku. Akhirnya aku putuskan blog jejak mayaku tidak memperpanjang domain berbayar tanpa berpikir panjang akan resiko bila tidak memperpanjang domain berbayar. Waktu itu semangatku mulai mengendur malas mengurus blog salah satu pertimbangan yang sungguh tak masuk akal ya.

Belakangan ternyata blog ini memanggilku selalu ditambah lagi respon positif teman-teman sesama blog yang terus menyemangati dan ada yang sengaja menghubungi sekedar menanyakan ada apa dengan blog jejak maya tidak bisa di akses.

Sekumpulan rasa apa yang muncul dan membuatku kembali bersemangat mengurus blog ini?

1. Menyesal

Ya aku sangat menyesal mengapa aku tidak memperpanjang domain berbayar itu padahal aku sudah siapkan yang diperlukan.

Lewat postingan ini aku mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidak nyamanan yang terjadi karena aku yang awam ini tidak pernah tahu kalau resiko yang terjadi bila tidak memperpanjang domain berbayar akan menyebabkan kejadian ini.

2. Sedih

Ya sahabat mayaku aku sangat sedih, blog ini tampak sangat menyedihkan. Bagaimana tidak menyedihkan? Aku saja kesulitan mengakses blogku sendiri lewat link yang aku ketikan di browser sehingga aku merasa pemilik rumah yang tidak diizinkan masuk ke dalam rumahku sendiri hiks ....

3. Sayang

Sekarang aku makin cinta dan makin sayang dengan rumah keduaku ini. Ternyata aku tidak pernah bisa melepaskannya karena di rumah jejak maya inilah aku bisa menunjukkan siapa aku dalam tulisan-tulisanku. Walau sementara ini resiko tidak memperpanjang domain harus aku tanggung tidak apa-apa aku ingin menyemangati diriku ini agar tetap menulis dan berbagi dan aku harus yakin suatu saat blog ini akan kembali seperti semula.

4. Semangat

Aku tidak rela blog jejak maya terpuruk karena adminnya tidak bersemangat. Aku terus berusaha menyemangati diriku ini agar terus berbagi lewat tulisan semampuku sesuai dengan niat awal "suatu saat tulisan akan menjadi warisan terindah."
Beberapa teman blog termasuk mas Jeni juga sampaikan tetaplah menulis postingan terbaru dengan alamat blogspot dan share ke media sosial lainnya itu salah satu solusi agar blog jejak maya bisa kembali normal seperti semula.

Sahabat jejak maya inilah yang terjadi bila tidak memperpanjang domain berbayar pengalaman pribadi selain rasa nano nano yang muncul seperti yang aku sebutkan di atas hal lainnya yaitu pengunjung blog sepi alias hilang drastis, link tidak bisa di akses (harus masuk dulu), persis seperti blog yang baru lahir, membangun mulai dari awal lagi ah pokoknya getir banget deh!

Sekedar berbagi pengalaman saja tolong dipahami ini bukan keluhan atau pun sejenisnya semoga bisa menjadi pelajaran buat pengelola blog yang lainnya. Sebelum mengambil keputusan sebaiknya pelajarilah dengan sebaik-baiknya temukan tempat bertanya yang memberikan penjelasan dengan sedetail mungkin. Nyesek banget rasanya dengan kondisi jejak maya saat ini bayangkan betapa tidak rasa menyesal itu bertumpuk-tumpuk karena tidak mencari info yang sejelas-jelasnya. Rasanya tulisan-tulisan menjadi tidak bermanfaat itu yang paling pahit.

Lewat postingan ini juga aku sampaikan ucapan banyak terima kasih buat yang peduli dengan blog jelmayatiasa :

• Andi Nugraha admin blog diarymahasiswa,
• Satria Salju admin blog satriatujuhsalju
• Maman Achmad admin blog saungmaman
• Kang Nata admin blog asikpedia

Juga menyemangati mensuport setia hadir lewat kolom komentar :

• Yanto Cungkup,
• Mang Lembu,
• Djangkaru Bumi,
• Mayuf,
• Abdul Muhajir,
• Aul Howler,
• Hujan Bulan Juni,
• Khanif Ahmad,
• Dear Anies,
• Kang Nata,
• Obat Sakit,
• Ratu Kupret,
• Nia Tanaya,
• Fajrind Web Id,
• Muyassaroh,
• Yogi Prasetian,
• Nuhan Nahidl,
• Ajong
• Abd Kadir Rusdi
• Adi Stia Utama S
• Nur Rochma
• dan yang lainnya,
walau sebenarnya mungkin mengetahui kondisi blog ini dalam situasi kemunduran alias hilang di mesin pencarian google, kalian adalah aset penyemangat yang aku miliki sekali lagi terima kasih.

Dengan resiko yang ditanggung bila tidak memperpanjang domain berbayar ini admin jejak maya tidak menyalahkan siapa-siapa karena keputusan akhir ada pada admin blog jejak maya ini sendiri. Mungkin ada yang bertanya, "apakah sekarang ingin diurus kembali domain 'com'?"
Dengan segala kerendahan hati untuk sementara ini aku belum ingin mengurus domain LTD. Aku ingin fokus menulis saja dulu. Kalau berkenan doakan aku agar tetap bersemangat untuk melahirkan tulisan-tulisan agar kelak bisa menjadi warisan terindah semasa hidupku. Terima kasih banyak untuk yang berkenan membaca tulisan sederhana ini, semoga ada pelajaran positif yang bisa dipetik. Wassallam."


Diary : Resiko bila tidak memperpanjang domain berbayar.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

51 komentar:

  1. Saya mengerti perasaan mba Maya karena sekarang saya juga mengalami hal yang sama. Seminggu lalu saya ganti alamat blog agar lebih ringkas dan mudah diingat, eh... yang ada kunjungan ke blog ku turun drastis. Sebenarnya sudah tahu bakalan begitu karena saya sudah dua kali ganti alamat, jadi harus terima resiko.

    Semangat terus buat berkarya ya, mba.

    BalasHapus
  2. Oh iya, saya juga sempat mengunjungi Jejakmaya.com tapi tidak bisa. Ternyata domainnya tidak diperpanjang toh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah yang terjadi

      thank you for his presence

      Hapus
  3. pantes beberapa waktu itu gak bisa di akses
    saya pikir server tempat mbak maya beli domain lagi Down

    Itu gak bisa di klaim lagi kah mbak domain nya yg tidak si perpanjang

    tetap semangat mbak, menulislah agar dunia tau kita pernah hidup..menulislah agar generasi selanjutnya tau kita pernah ada..

    dengan menulis kita bisa berbagi banyak hal..
    semengat mengendur itu saya jg rasakan
    tapi dengan hadir nya komentar dari sahabat lain membangkitkan semangat lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sakali
      Komentar adalah aset berharga suplemen penyemangat

      Hapus
  4. Ada beberapa page yang masih error
    belum bisa di akses, sperti artikel, disclaimer

    BalasHapus
  5. tak mengapa mbak... anggap sahaja ini satu pengajaran... mudah-mudahan pada masa akan datang tidak berlaku hal yang sama lagi... dan paling penting mbak terus istiqamah dalam menulis di blog ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat berharga
      semoga tidak lagi tergesa-gesa utk mengambil keputusan
      sip doakan ya

      Hapus
  6. Waduhhhh Mbakkk... Mbakkk,,,, kok ngk dikonsulkan dengan saya, keputusannya, hehehehe....

    blog dengan Domain Jejakmayadotcom, DA dan PA nya sudah tinggi. Saya perhatikan di beberapa minggu yg lalu.

    DA PA Blog adalah sebuah peringat blog yang susah didapatkan, orang akan jungkir balik mendapatkannya. Termasuk saya, hehehe...

    DA PA itu seperti kepercayaan dari Mesin pencari bahwa blog Mbak okeh Bangetzzz....

    buktinya bnyk orang yang binggung....soal mencari alamat blognya.

    Bahasa gaulnya " Mbak sudah Pindah Rumah " dan orang jadi binggung jika mereka ingin mampir, padahal mereka datang dari jauh... :)

    klu saya tahu akan begini keputusan Mbak, saya rela membeli domainnya, dan jika suatu saat mbak akan membutuhkannya akan saya kembalikan.

    sepertinya nama domainnya tidak bisa dibeli kembali. Sangat disayangkan sekali.

    sekarang ini PA DA blog Mbak turun diangka 1,

    Tapi yach sudahlah.... jadikan sebuah pengalaman berharga, tidak apa2 kok semuanya adalah pembelajaran yang penting.

    Saran saya beli kembali domain, klu masih bisa dapat domain yang lama syukur, tpi klu tidak dapat, buat domain yang pendek dan mudah diingat. Misalnya " CeritaMaya " atau nama lain.

    ini penting jika Mbak ingin blog ini menjadi maju. Tapi sekedar saran loh....

    terus lakukan pemberitahuan kepada teman2nya melalui artikel atau pemberitahuan dlm bentuk lainnya.

    Ohy Maaf Mbak saya jadi ngomel2 tidak karuan, soalnya bawaan gemezzz, hehehe...

    terima kasih yach Mbak, nama saya sudah terukir dipostingan diatas. :)

    semangat menulis kembali..... cemungutzzzz... :)

    BalasHapus
  7. Ohya... tambah satu lagi ngomel2nya, Mbak...

    Mbak harus edit di HTMl blog, hapus semua url yang menggunakan domain lama, ganti dng domain baru " jelmayatiasa.blogspot.com " di kategori menu seperti Beranda, About Me, sampai Menu Artikel dan juga ganti url pd kategori Personal sampai donggeng.

    sebab erorr tidk bisa diakses, krn masih tertaut dng URl lama.

    walau Mbak menggunakan Webmastertool pasti ketahuan banyak erornya. :)

    pembaca pasti binggung saat sdh masuk diblog ini sebab menu2 diblog ini pada eror....

    silakan kerjakan PRnya dengan sabarr.....hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, terus aja ngomelnya aku akan diam dan menyimak dengan legowo
      sangat tersanjung kok
      PR nya ruwet pake banget pusing

      yg akan mengerjakannya sdg sibuk entahlah apa yg akan terjadi nanti kita lihat

      Hapus
  8. jadi terharu deh bacanya... "rumah kedua", its magic word for me..
    ayo semangat dong.. saya ngeblog baru satu bulan loh, baru belajar malah... blogq tak sekece munyakx maya, artikel juga senin kamis aq postingx (karena kesibukan kerja juga). tp saya masih sempatkan untuk nulis. banyak temen juga kan dari blog. seru tau'..^^
    kembalikan Jejakmayadotcom kami.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. juga "its magic words for maya"
      sama akupun menulis disela-sela rutinitas
      sangat seru
      sudah tak mungkin lagi rasanya dan aku sdh tak inginkan lagi hehe

      Hapus
    2. hehe.. semangat maya, apapun domainnya yg penting tetep nulis.. hihi

      Hapus
  9. Wa'alaikumsalam..
    Oh, ya, Teh. Itu nama kang Maman sepertinya ada yang salah, harusnya Maman Achman :)

    Apapun keputusannya, aku rasa nggak ada alasan untuk behenti berbagi dan menginspirasi. Bukan begitu, Teh?
    In shaa Allah nggak cuma saya, tapi yang lainnya ikut support kok. Terlebih isinya bermanfaat pasti membuat senang yang baca, nggak cuma senang, tapi dapat ilmu serta pengetahuan baru.

    Kalau saya diawal tahun ini ada 3 doamin yang diperpanjang, Teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih koreksinya

      sangat tersanjung punya teman yang peduli dengan jejak maya ini

      oh ya sukses sll untuk blog dan adminnya

      Hapus
    2. Hayo salah lagi tuh, Teh. Yang bener Achman, bukan Achmad..hehe
      Aamiin, sukses juga untuk teh Maya..

      Hapus
    3. haduh kok bisa sih
      perasaan udah pas banget waktu menggantinya
      nuhun atuh kang maman achman
      hatur nuhun andi detai banget bacanya hehe

      Hapus
    4. Hehe.. mungkin hati berkata bener, tapi apala daya jemari mengetiknya ke arah yang salah lagi. Terkadang kesalahan yang udah diperbuat itu akan melekat jikalau tak teliti lagi mengoreksinya..hihi :D

      Sami-sami, Teh Maya..

      Hapus
    5. Betul ini kesalahan yang sama terbukti terulang lagi, karena tidak teliti
      semoga kedepan bisa lebih teliti
      itulah teman yang baik tidak pernah bosan untuk mengingatkan
      hehe

      Hapus
  10. semangat terus Sis Maya jangan sampai berhenti ini adalah fashion anda sesuatu yang membuat anda bergairah menjalani hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja

      betul ada hal yg tak bisa di ekspresikan di dunia nyata dan blog inilah tempat ku menumpahkannya hehe

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Sumpah mbak, yg mbak alami tuh sama seperti saya.
    Saat itu saya punya blog yg sudah sejak 2013 saya bikin sampai pada tahun 2016 saya sibuk urusan offline dan lewat lah masa dimana saya harus perpanjang domain hingga pertengahan 2017. Dan akhir nya blog saya pun jatuh dan terpuruk. Yg awal nya visitor mencapai 2.000 / day menjadi hanya 15 - 20 / day karena blog nya g bisa di akses lagi hingga akhir nya saya jual tuh blog dan bikin blog baru.
    Ya penyesalan sih, tp mau gmn lagi, cukup jadi pelajaran juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajaran berharga semoga tak terulang lagi
      Alhamdulillah masih bisa tetap berkarya

      salut 4you

      Hapus
  13. saya sekali ya... kenapa nggak di perpanjang...
    padahal gak mudah loh buat mengembangkan sebuah domain.... apa lagi kalau sudah jadi sebuah ciri khas...

    saya pun berusaha keras mempertahankan domain saya...

    pertama kali beli domain saya beli yang masa tiga tahun... jadi cukup lama dan bisa sambil kumpulin buat perpanjang lagi nanti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul ciri khas dan sekarang saya jadi tahu rasanya

      yah sdhlah ini karena apa saya juga tidak begitu ingin memikirkanya lagi

      enjoy aja sekarang

      Hapus
  14. Pantas mbak maya beberapa waktu lalu jarang ngeblog. Saya kira karena sibuk dg rutinitas. Sabar ya mbak. Saya jadi tau resikonya kalau sampai terjadi seperti itu,jadi hati2
    Semangat menulis lg mbak may. Banyak yg menanti tulisan2 mbak,saya salah 1nya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah ada di luar kota susah signal
      ya kitakan punya aktifitas lain di dunia nyata hehe

      semoga ya aku bisa lahirkan tulisan sll

      Hapus
  15. saya pernah memiliki domain berbayar, dan sudah habis masa waktunya. Tidak diperpanjang juga, habis itu sulit mendapatkan domain itu lagi.
    Sudah masuk ke daftar broker rupanya

    Terima kasih, yang penting tetap semangat saja terus demi tujuan yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman yang sama ya hehe
      salut deh masih tetap berkibar tuh blognya mas hehe

      niat baik in syaa Allah aamiin

      Hapus
  16. Pasti ada hikmah di balik keputusan yang salah..Tetap semangat ya Mbak...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat banyak say ...
      Betul untuk lebih Watch Out (WO) lagi kedepannya
      doamu ku harap selalu hehe

      Hapus
  17. Hai hai hai.. Salam kenal, syemangat menulis kembali ya.. Syemangat mengurus rumah ke dua lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga cantik hehe
      so pasti dong
      ini lagi nyapu banyak sarang laba-labanya haha ..,

      Hapus
  18. Udah coba menghubungi layanan webhistingnya blm neng, siapa tahu bisa diperpanjang lagi, saya cek blog jejakmaya belum ada yang pakai..

    BalasHapus
  19. Coba hubungi lagi penyedia layanannya neng, siapa tahu bisa diperpanjang ulang..

    BalasHapus
  20. kalo saya mlhan lebih suka kalau pake domain blogspot, karna gak ribet, gak perlu ngurusin ini itu ini itu haha :D

    BalasHapus
  21. Nah iya saya setuju dengan kang Maman, coba lagi pakai domain lama. Kalau pun gak bisa lagi, sebaiknya beli domain baru sebelum mengedit html menghapus url lama.

    Tetap semangat ya mbak, walaupun nasi sudah menjadi bubur tapi masih enak kalo ditambahin suwiran daging ayam, abon, dan cakwe hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pesen satu porsi mbak, kebetulan blm makan siang nih, hehe..

      Hapus
    2. Sekalian ada minumnya kan ini?
      Hmm, saya dua porsi deh, buat makan sore juga nanti..ha

      Hapus
  22. resiko indesi akan tidak bisa diakses dan page view biasanya menurun drastis. tapi itu akan kembali sendiri nanti. bisa aja dihidupkan kembali dengan meminta renew domain mbak. dicoba aja kirim email ke penyedia domain anda sebelumnya.

    BalasHapus
  23. Waahh!!..😱😱😳 Yaa!! Intinya ada untung ada ruginya pakai Domain TLD ( top level domain )

    Tapi kesemuanya itu ada pada diri kita masing2...Bila sibuk atau jadwal padat diDuta akan lebih baik pake subdomain saja ( Domain bawaan )

    Tapi bila kita sanggup semuanya dalam dunia blogging akan lebih keren pake domain TLD.

    Namun hobi menulis atau mengurus sebuah blog tidak meski harus berjibaku dengan yang namanya Domain... Gunakan semampu kita saja bila harus pake sub domain kenapa tidak....😊😊😊

    Yang penting isi dari tulisan kita itu yang luar biasa....

    Percaya nggak...😄😱

    Dulu waktu diMWB subdomain blog toko aku bisa hasilkan ratusan ribu bahkan jutaan uang...Tanpa iklan atau domain TLD. Heeeheee!!! ☺☺

    BalasHapus
  24. Aduh mba, yanga da dalam pikiranku, jejak maya berganti nama.
    Syukurlah kalau sekarang sudah bisa diakses. Senang bisa baca-baca tulisan mba Maya lagi. Karena blog memang rasanya sudah seperti rumah sendiri.

    BalasHapus
  25. Pantesan, saya gak bisa bewe, blognya gak bisa kebuka. Dan di list saya masih nyimpen alamat blog yang dot.com, tapi sekarang sudah saya edit. Tetap semangat mba Maya, memulai menulis lagi dan berburu domain lagi.....

    BalasHapus
  26. wah jadinya seperti blog baru lagi kalau nggak diperpanjang mbak,semua kembali ke 0,seperti index maupun ranking

    apa nggak nyesel mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyesel banget
      keputusan sudah diambil tinggal menjalani kedepannya
      bila berkenan mohon doanya utk tetap semangat menulis di rumah maya ini

      Hapus
  27. Setahu saya ada batas tenggang nya mba sesudah expired dan dimasa itu masih bisa hubungin cs nya untuk perpanjang.

    Saya juga pernah ngalamin, dulu umur domain tersisa 2 mingguan, dan saya ada tugas ke daerah terpencil dengan waktu yg cukup lama sehingga saya tidak perpanjang ,akhirnya expired dan menunggu kurang lebih 1 tahun untuk registrasi ulang, artinya semua diulang dari 0 layaknya domain baru di beli.

    Jadi pelajaran aj mba 😃😃

    BalasHapus
  28. Akan banyak yang harus dikerjakan mbak, terutama soal URL karena ganti nama domain, ya sama saja ganti URL. Pengunjung akan menurun drastis dan akan banyak error. Lakukan perlahan saja supaya tidak terbebani.

    Makanya, untuj beberapa blog yang masih menggunakan blogspot, saya masih mikir panjang untuk merubah menjadi TLD karena sekaali merubah, seperti point of no return. Harus tetap jalan terus ke depan jangan balik lagi... hehehe.. takutnya saya nggak konsisten

    Soal pengunjung, jangan khawatir, perlahan akan kembali.. cuma ngurus errornya itu yang bakalan lumayan lama dan bikin bete... Butuh kesabaran ekstra.

    Sabar ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sangat banyak dan bisa buat stresss hehe
      saya jadi banyak mendapat pelajaran berharga dari hal ini
      Ya semoga saja saya cuma bisa berusaha sesuai kemampuan saja selebihnya pasrah hehe

      Hapus
  29. waah iya, baru sadar tadi loh mbak. ters baca inii.

    apa ada kemungkinan ganti nama? hehe

    BalasHapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu