Minggu, 21 Januari 2018

Kawasan Wisata Rest Area Lampung Barat Sementara ditutup

8 comments

Kawasan wisata Rest area Lampung Barat sementara ditutup. Angin puting beliung memporak porandakan warung kopi atau cofee shop yang ada dikawasan rest area Kecamatan Sumber Jaya kabupaten Lampung Barat. Rest area tersebut adalah salah satu icon daerah wisata dan salah satu kebanggaan masyarakat kabupaten Lampung Barat.



Pada hari Sabtu tanggal 20 Januari 2018 lebih kurang jam 03.00 dini hari angin kencang menerjang bangunan hingga hancur berantakan bahkan ada yang melayang karena terbawa oleh angin.

Alhamdulillah meskipun bangunan telah porak poranda tidak ada korban jiwa pada saat peristiwa alam tersebut terjadi? namun kerugian yang ditanggung oleh cofee shop ditaksir mencapai lebih kurang seratus tiga puluh juta rupiah.

Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus Spd, mengatakan telah menugaskan Asisten II, Ir Natajudin Amran untuk melihat langsung ke lokasi guna mengumpulkan data kerugian yang disebabkan oleh angin puting beliung terkait dengan hancurnya bangunan yang ada di kawasan rest area yang notabene merupakan salah satu tempat wisata yang ada di kabupaten Lampung Barat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat Maidar M.Si juga telah membenarkan kejadian ini. Beliau juga sampaikan selain cafee shop di rest area yang diterjang angin kencang hingga porak poranda tidak ada ditemukan kerusakan pada bangunan lainnya, termasuk rumah warga sekitarnya aman tidak ada yang terkena terjangan angin puting beliung yang terjadi menjelang subuh dini hari.

Beberapa hari ini memang di Kabupaten Lampung Barat sering dilanda angin kencang yang mengakibatkan sejumlah pohon-pohon tumbang, tapi yang sampai merobohkan bangunan baru kali ini, yaitu ambruknya bangunan cofee shop dikawasan puncak rest area.

Sekedar informasi tambahan, bangunan cofee shop ini berukuran 3x15 meter, bangunan ini dibangun oleh dinas PU Lampung Barat sebagai fasilitas wisata yang ada dikawasan puncak rest area. Umumnya warung kopi sebagai tempat pengunjung yang mendatangi daerah wisata ini untuk menikmati kopi khas Lampung Barat sambil menikmati indahnya pemandangan yang disuguhkan oleh alam daerah Lampung Barat.

Untuk saat ini kondisi bangunan coffe shop dalam keadaan luluhlantah oleh terpaan angin puting beliung mencapai hingga 80 persen dan masih ada tersisa pada bagian dapur bangunan saja.



Kawasan wisata Rest area Lampung Barat sementara ditutup. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) kabupaten Lampung Barat, Bapak Ir Indra Kesuma juga membenarkan kejadian alam ini beliau juga sampaikan untuk sementara daerah wisata ini ditutup untuk umum.

Dalam kesempatan ini Kepala UPT Rest Area Sumberjaya Dinas Kepariwisataan Pemuda Dan Olahraga Lampung Barat, Sater, membenarkan kejadian yang telah memporak porandakan bangunan warung kopi tersebut.

“Ya pada sekitar jam tigaan subuh tadi malam datang angin kencang di kecamatan Sumberjaya dan menyebabkan bangunan coffe shop hancur hingga 80 persen, pada bagian kap atap melayang hingga beberapa meter. Saat ini kami beserta petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah berupaya mengamankan lokasi ini untuk mengambil langkah dan tindakan selanjutnya,” begitu Sater mengatakan.

Beliau juga tambahkan, "beruntungnya kejadian peristiwa angin kencang itu terjadinya pada dini hari, sehingga tidak adanya korban jiwa dan hanya menimbulkan kerusakan-kerusakan pada bangunan saja. Kalau terjadi pada siang hari disini padat pengunjung dan mobil-mobil juga banyak terparkir disini. Dikhawatirkan bila terjadi siang hari bisa mengakibat pengunjung terluka dan mobil-mobil atau kendaraan rusak karena terjangan angin kencang."

Lebih lanjut Sater mengatakan, "Kalau dilihat kondisi bangunan yang sekarang, artinya sudah bisa dipastikan butuh perbaikan terutama pada konstruksi bangunan, ini melihat lokasi bangunan yang ada dipuncak dengan intensitas angin yang luar biasa kencangnya, ya hal ini pastinya dinas terkait akan sangat memahami hal ini."

Saya sebagai admin jejak maya, turut prihatin dengan kejadian ini. Peristiwa alam seperti angin kencang puting beliung, banjir, longsor dan masih banyak lagi jenis-jenis bencana alam yang bisa terjadi kapan dan dimana saja, semoga Allah subhanahuwata'alla senantiasa memberikan perlindungannya kepada kita semua, aamiin aamiin aamiin yaa robbal'allamiin.

artikel : Kawasan wisata Rest area Lampung Barat sementara ditutup.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

8 komentar:

  1. Saya juga ikut prihatin, memang untuk pertengahan bulan ini, tiupan angin sangat kencang sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampaknya merata ya? Tidak hanya di daerah tempat kami tinggal

      terima kasih sudah ikut prihatin dengan musibah ini

      Hapus
  2. rest area padahal fungsinya sangat penting
    bisa menghindari kecelakaan dengan beristirahat sejenak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu termasuk fungsi utamanya karena pemandangan disekitar sangat indah banyak juga yang sengaja mengunjungi tempat ini untuk berwisata ria

      Hapus
  3. Turut prihatin juga Mba, tapi masih bersyukur karena tidak ada korban jiwa. Semoga cepat dibangun lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, ia tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini
      Semoga saja, kami juga berharap demikian

      Hapus
  4. harap mereka yang menjadi mangsa banyak bersabar dengan ujian ini.... insya allah hasil kerjasama ramai pasti sebarang kerosakan dapat dibaiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inshaallah
      bisa cepat di bangun kembali kerusakan yang terjadi

      Hapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu