Kamis, 01 Maret 2018

Bubuk Kopi Hitam Hentikan Pendarahan dan Obat Luka

26 comments

Bubuk Kopi Hitam Hentikan Pendarahan dan Obat Luka


Kecelakaan kecil dalam rumah bisa saja terjadi saat kita sedang melakukan aktifitas harian baik dalam suasana yang santai maupun sedang sibuk berpacu dengan waktu. Mungkin karena merasa sudah terbiasa melakukannya atau memang dilakukan dengan sangat jarang, meskipun sekedar menggunakan pisau dapur misalnya, hal ini tak jarang membuat kita kurang berhati-hati, admin jejak maya pastinya, kalau yang sedang membaca postingan ini tentunya lebih baik dari penulis postingan ini.

Pagi itu aku sedang menyiapkan minuman hangat si hitam manis. Sebenarnya untuk aku sendiri sih. Ya karena setiap pagi aku sudah terbiasa menikmati secangkir kopi hangat sebelum memulai aktifitas. Tepatnya hari Minggu pagi tanggal 25 Pebruari jam tujuh waktu Indonesia bagian Barat.

Ngiiiiiiiiiiiiiiiiingggggggg!!!!

Cerek di atas tungku kompor sudah berdenging mengeluarkan suara khasnya yang cukup memekakkan telingaku pagi itu, lebay banget nggak jugalah begitu amat, terbiasa mendramatisir tulisan, please forgive me with this bad habit.

Tik!!! Mati tuh kompor. Cek wadah gula yah habis! Oh ya biasanya aku minum kopi dengan sedikit bahkan tanpa gula. Niatnya sih pagi ini ingin minum kopi dengan gula semut aren. Ok, apalah daya gula semutku sedang habis, sad? Yes it is not, just ordinary.

Cek kopi oh alhamdulillah masih banyak. Nggak tahu kenapa pikiranku waktu itu apa, jujur nggak konsen banget kayaknya waktu itu mmmmmmhhh...., tiba-tiba tanganku mengambil pisau dapur dan talenan plus gula merah, "sekali-kali minum kopi campurin gula batok aren asyik nih," batinku waktu itu.

"Cres ... cress, cressss, ... " terdengar ngilu di telingaku suara yang dihasilkan oleh pisau dapur menyayat gula batok aren di atas talenan.

Tiba-tiba saja, "Allahu akbar ... jari telunjuk kiriku kena sasaran pisau." Aku berusaha tenang walau saat itu darah segar sampai menetes di lantai.

Set!! Segera aku ambil tisue basah yang tidak jauh dari jangkauan tanganku. Perlahan aku usap dengan bantuan tangan kanan. Loh darahnya tambah banyak yang keluar dan tidak berhenti mengucur.

Tetap mencoba untuk tidak panik, reflek aja sih aku ambil bubuk kopi yang memang ada didepanku langsung aku bubuhi pada luka tadi. Luka ini benar-benar tidak berhenti berdarah sudah dilap keluar lagi. Nah akhirnya darah dan bubuk kopi tercampur di atas luka ya sudah aku biarkan saja.

Beberapa saat kemudian darah yang tadi mengucur berhenti dan bubuk kopi mengeras menutupi luka tadi. Awalnya aku tidak yakin ini bisa menjadi solusi untuk menghentikan pendarahan pada luka kecil. Ya lukanya kecil tapi lumayan pedih juga loh.

Kalau secara medis aku tidak paham menggunakan bubuk kopi untuk menghentikan pendarahan ini, tapi dalam keadaan tertentu menurutku ini bisa jadi solusi terutama bagi mereka yang takut dengan betadine karena warnanya (betadine warnanya seperti darah biasanya anak-anak takut) jujur aku kurang suka dengan warnanya apalagi kalau tercampur darah weh sangat tak sedap dipandang mata. Kebenaran di kotak obat lagi nggak ada juga tuh betadine, entah jalan-jalan kemana tuh obat luka ....


taburi bubuk kopi hitam pada luka


Bubuk Kopi Hitam Hentikan Pendarahan dan Obat Luka. Cara menggunakan bubuk kopi untuk menghentikan pendarahan pada luka kecil, yaitu :

1. Bersihkan luka

Bersihkan dulu darahnya gunakan lap yang steril agar tidak terjadi infeksi karena sekecil apapun luka bila terkena kuman akan memperparah luka. Intinya tetap berhati-hati jangan anggap remeh luka kecil untuk menghindari hal terburuk terjadi.

2. Taburi bubuk kopi

Bubuhkan kopi bubuk secukupnya pada luka dan biarkan. Kopi bubuk ini berfungsi sebagai penghenti darah yang keluar sekaligus menjadi pelindung luka, ya karena kopi bubuk yang ditaburkan pada luka akan mengeras atau membeku kemudian akan lepas dengan sendirinya dan luka segera merapat kembali selanjutnya proses penyembuhan terjadi.

Ya aku sarankan sebaiknya menyediakan selalu obat luka di kotak obat untuk berjaga-jaga. Bubuk kopi sekedar untuk solusi dalam keadaan tertentu saja.

3. Jaga kebersihan luka

Meskipun luka sudah mulai mengering jangan abaikan kebersihannya. Luka yang selalu terjaga kebersihannya akan mempercepat penyembuhan.

Inilah sekedar berbagi untuk pertolongan pertama pada luka kecil yang mungkin saja terjadi di dalam rumah di luar dugaan tentunya. Dan menghentikan pendarahan pada luka kecil menggunakan bubuk kopi ini cukup efektif aku sudah pernah mempraktekkannya secara sepontan pagi ini. Sebenar sudah beberapa hari lewat ya dan sekarang alhamdulillah luka sudah sembuh total.


Luka sudah sembuh total


Banyak obat luka yang dijual bebas di apotik dan toko-toko obat. Bubuk kopi hanyalah pengobatan berdasarkan pengalaman admin saja. Kalau mau menggunakannya silahkan kalaupun tidak percaya ya jangan hehe, aku belum sempat cari-cari apakah ada sumber yang menuliskan adakah efek lain selain menyembuhkan luka dari si bubuk kopi hitam ini. Oh ya, bubuk kopi hitam ya bukan bubuk kopi yang sudah di mix dengan gula atau cream.

Sengaja aku share di blog sederhana ini semoga ada manfaatnya bagi siapa saja yang membutuhkannya. Menulis dan berbagi lewat blog kesayangan sekaligus sebagai wahana untuk melepas penat dari rutinitas harian admin jejak maya. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah sehingga terhindar dari segala bahaya dimanapun kita berada aamiin ya robbal'allamiin


luka tidak terasa perih saat ditaburi bubuk kopi rasanya hangat dan nyaman


tips dan trik : Bubuk Kopi Hitam Hentikan Pendarahan dan Obat Luka

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

26 komentar:

  1. Ini juga sering sewaktu kecil mbak maya
    kalo jatoh ibu sering kasih kopi di tempat lukanya
    memang mujarap, bisa mamoper lukanya

    BalasHapus
  2. Selalu nemu sesuatu yang baru disini. Banyak yg belum tahu kalo bubuk kopi ☕ hitam bisa buat penyembuh luka. Info yang harus disebarluaskan, viralkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bubuk kopi hitam untuk menghentikan pendarahan pada luka mah bukan baru mang....mang maman aja yang udik jadinya dianggap hal baru...huh, norak deh ih

      Hapus
    2. Kalau gitu aku juga udik ... hahahaha 😃 ..
      Karena aku baru tau dari artikel kak Maya ini kalau bubuk kopi bisa cepat menyembuhkan luka ... 😊

      Hapus
  3. Wah aku baru tau loh kalo bubuk kopi item bisa untuk luka juga ya? Oke deh, ntar dicoba ah kalo tiba tiba luka. Hehe. Makasi infonya yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan tunggu nanti kalau mau nyoba bubuk kopi untuk menghentikan darah mah mang, sekarang aja coba tangannya di silet, pas keluar darah segera dikasih bubuk kopi...terbukti ngga, coba

      Hapus
  4. wih, banyak juga tu darahnya ya mbak, kalau dikampung saya selain bubuk kopi biasanya menggunakan sawang sawang di atas rumah

    BalasHapus
  5. Saya pernah denger dari temen katanya kalo kena luka pake kopi tapi belum saya coba karna saya belum yakin takutnya perih gitu pas mbayangin, hehe
    Tapi kata mba maya malah gak perih ya apa boleh buat, semoga si dijauhkan dari luka tapi kalo udh kena bisa pake caranya mba maya ini pake kopi :D hehe

    BalasHapus
  6. Ooo, saya baru tahu ini. Makasih banyak ya, Mbak, berbagi pengalamannya. Kopi memang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  7. Wah aku ngga suka ngopi mbak, kalo luka kena pisau paling pakai hansaplast aja, tapi kalo luka lecet karena jatuh paling dikasih ludah aja..😂😂😂

    BalasHapus
  8. wah ternyata kopi hitam yang sering saya minum tiap hari, ternyata bisa juga buat hentikan pendarahan, baru tahu saya bu,

    BalasHapus
  9. Saya baru tahu tu, jika kopi hitam bisa menghentikan pendarahan. Kalau saya biasanya mencari sarang laba-laba warna putih. Bahkan jika perlu menggunakan gula aren itu justru bisa berhenti darahnya.

    BalasHapus
  10. Aduh, duh, ngeri saya liatnya, mba May.

    Saya juga sering pake bubuk kopi untuk luka, mba. Tapi saya lupa waktu itu bacanya di mana.

    BalasHapus
  11. pakai getah pohon pisang juga mujarab mbak...tpi sedikit pedih. Luka cepat membeku dan tdk bikin koreng... :)

    BalasHapus
  12. Betul bngat, kopi hitam bisa buat ngeringin luka , itu waktu bocah sech..klo sekrang blm pernh coba lg

    BalasHapus
  13. Kopi bubuk "pancen oye" untuk mengatasi pendarahan kecil dan jadi obat alternatif yang mudah dan murah dalam penanganan awal bila terjadi pendarahan kecil.....siip

    BalasHapus
  14. hii... kalau lihat dari foto malah kelihatan mengerikan ya. kalau lihat langsung sebenernya biasa aja. entahlah efek apa.

    jujur mbk saya baru tau kalau kopi bubuk bisa untuk menghentikan darah pada luka.

    kalau saya sendiri biasanya ketika baru luka langsung di kasih ludah. hehe

    terus buru buru cara minyak tanah untuk di teteskan pada luka. kalau gak ada minyak tanah obat merah juga lebih baik.

    BalasHapus
  15. dulu kecil gitu mba, saya kalau luka dikasih bubuk kopi hitam oleh ibu buat berhentikan darah yang keluar
    tapi sudah besar gini malah ga pernah pake kopi lagi buat luka

    BalasHapus
  16. iya bener selain utk masker, kopi bisa cepat hentikan pendarahan,

    Nah dulu kalau luka gitu jaman kecil saya biasanya di pakein sarang laba2.itu bisa juga keringin luka dgn cepat mbak may..
    kasian laba2nya tapi, hihi

    BalasHapus
  17. bisa buat obat hati yang terluka juga mbak maya??^^

    BalasHapus
  18. Boleh jga nih pengalamanya, jadi nambah ilmu

    Tengkyu... Lah pokoknya mbak may, mantab

    BalasHapus
  19. dulu ada anak ayam saya dipatuk ayam besar sampai kepalanya habis kulitnya nah saya beri bubuk kopi dia bertahan sampai tua lukanya sembuh nggak berdarah lagi dalam waktu dua jam saja mengering

    BalasHapus
  20. Wah gak nyangka ya ternyata bubuk kopi bisa menghentikan pendarahan, gak cuma kopinya aja yang enak diminum.

    BalasHapus
  21. aduhhhh terasa ngeri dan nyiluuuu... tak pedih ke mbak maya bila kena serbuk kopi tu?

    BalasHapus
  22. Kare Bersifat Bubuk, itulah yang menyebabkan terhentinya perdarahan.

    Bubuk Kopi sebenarnya sangat berbahaya bila diberikan pada luka. Karena akan menyebabkan pertumbuhan bakteri atau jamur lebih cepat.

    Hanya sedikit saran dan kritik dari saya Gan.

    BalasHapus
  23. Jujur aku baru tau kalau bubuk kopi ternyata mampu menghentikan luka pendarahan dengan cepat.

    Artikelnya bagus.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu