Senin, 18 September 2017

Mengatasi Rambut Rontok dengan Kangkung

23 comments

Perawatan rambut secara tradisional sudah ada sejak lama. Perawatan rambut secara tradisional ini biasa ditularkan dalam anggota keluarga baik dari orang tua pada anaknya maupun dari nenek ke cucunya. Sudah bukan rahasia lagi tentunya bila orang-orang terdahulu biasa menggunakan tanaman atau tumbuhan yang ada disekitar untuk perawatan kesehatan dan kecantikan termasuk perawatan mahkota yaitu rambut.

Dalam kesempatan ini aku ingin berbagi kembali di edisi dibuang sayang tentang masalah rambut, yaitu mengatasi rambut rontok.

Sebelumnya aku minta maaf. Aku niat banget berbagi info ini sampai-sampai aku sudah beli kangkung ingin membuat videonya, tapi karena tak sempat pulang ke rumah dikejar-kejar kerjaan yang tidak bisa disambil untuk menerbitkan postingan. Semalam buka kulkas kangkungnya udah di tumis sama bu de, ya udah terpaksa aku nyomot gambar kangkung di google. Semoga tulisan ini bisa dipahami dan tidak mengurangi makna berbagi yang sebenarnya.



Seperti halnya tanaman rambut juga butuh perawatan dan nutrisi agar tidak rontok dan hitam berkilau. Mau tahu apa yang bisa dimanfaatkan dari alam sekitar kita? Cekidot!!

Mengatasi rambut rontok dengan kangkung. Ternyata kangkung bisa mengatasi rambut rontok dan membuat rambut menjadi hitam cemerlang.

Kangkung yang kita kenal sebagai sayuran ini sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Selain mampu mengatasi rambut rontok akan tetapi juga bisa menjadikan rambut hitam cemerlang hal ini karena kandungan vitamin dan mineral yang ada pada kangkung.

Mungkin ada yang bertanya, jenis kangkung apa yang digunakan? Kangkung darat atau kangkung cabut? Atau kangkung air yang cara panennya distek? Kedua jenis kangkung ini sama baiknya bila dimanfaatkan sebagai perawatan rambut. Akan tetapi pada sebagian orang bila penggunaan kangkung untuk kangkung tumis lebih lunak kangkung air. Itu aku kembalikan pada pembaca saja mau menghunakan kangkung jenis kangkung darat atau kangkung air.

Mengatasi rambut rontok dengan kangkung sudah menjadi kebiasaan orang-orang di zaman dulu yaitu zaman nenekku. Kangkung selain dikonsumsi sebagai sayur teman makan nasi sebagai pencegahan dari dalam untuk mendapatkan khasiat kangkung yang maksimal ini disertai juga dengan perawatan dari luar pada mahkota atau rambut anda sebagai cem-ceman (cem-ceman = membasahi kulit kepala dengan menggunakan ujung jari tangan yang sudah dibasahi dulu dengan air hasil perasan kangkung atau cairan lainnya).

Meskipun mengkonsumsi kangkung bisa memaksimalkan hasil dari khasiat kangkung untuk mengatasi rambut rontok, akan tetapi juga harus diperhatikan konsumsi kangkung tidak boleh berlebihan, karena kangkung mengandung purin yang apabila berlebihan dalam darah akan menyebabkan asam urat.

Bagaimana cara menggunakannya pada rambut untuk mengatasi rambut rontok dengan kangkung?

Dengan mengambil beberapa batang serta daun kangkung ini, kemudian diremas-remas pada air bersih hingga kangkung lumat dan air kangkung berubah warna. Setelah kangkung dan daun kangkung lumat kemudian saringlah air hasil remasan kangkung tersebut. Airnya digunakan untuk cem-ceman yaitu membasahi rambut dengan air dari remasan kangkung sebelum keramas. Diamkan 5-10 menit kemudian keramas seperti biasa.

Selain digunakan sebelum menggunakan sampho kangkung juga boleh dijadikan sebagai sampo, sebelum dibilas air bersih diamkan dulu 5-10 menit sambil di pijit lembut pada kulit kepala, baru di bilas air bersih.

Bila dilakukan secara rutin rambut rontok akan terus berkurang dan menjadi hitam lebat.

Bisa digunakan setiap hari atau dua hari sekali. Selamat mencoba semoga berhasil. Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan ya. Komentarmu ku nantikan sahabat mayaku terima kasih. Salam hangat dariku dan semangat berbagi.

Wassallam

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

23 komentar:

  1. saya coba ah
    beberapa rambut belakang mulai rontok

    BalasHapus
  2. Baru tau kangkung bisa buat rambut

    THANK YOU
    Jidat udah mulai melebar perlahan huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe jidat melebar itu tanda-tanda pemikir hebat *katanya gitu sih ....

      Hapus
  3. Wah baru tahu saya mba ternyata kangkung juga punya khasiat yang tidak di sangka"

    BalasHapus
  4. Ya ini sudah ditemukan sejak lama, orang zaman dulu memanfaatkan apa yang ada disekitarnya utk merawat rambutnya salah satunya ya dg kangkung

    BalasHapus
  5. wah aku juga baru tau nih .. pertama waktu baca judul post aku pikir bakal dimasak kangkungnya, ternyata enggak ya, di jadiin kayak sampo:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe
      tak terduga ya, padahal orang terdahulu terbiasa menggunakan apa yg ada di alam sekitarnya utk perawatan mahkotanya

      Hapus
  6. Baru dengar ini. Praktis pula, tanpa perlu BBM (dimasak) segala. Saya coba ya resepnya, siapa tahu bisa gondrong kembali.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru baca apa baru dengar? Ok silahkan dicoba semoga berhasil

      Hapus
  7. Wah patut dicoba :D tapi rambut saya lebih ke masalah ketombe :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kulit kepala yang berketombe, bisa gunakan air jeruk nipis

      Hapus
  8. Kalau kangkungnya diblender aja trus disaring gimana Ka? Soalnya lagi males ngremas-remas nih..
    Btw tengkyu ya tipsnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa De, fungsinyakan untuk mengambil sari pati dari kangkung, tapi orang zaman dulu belum punya blender hehe ....
      ya sama-sama

      Hapus
  9. Ini bermanfaat banget lho, Teh bagiku. Ko bisa pas banget ya. Kebetulan rambutku rontok ini, udah coba sampo ini itu tetap aja, mungkin bisa pake cara ini ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga berhasil dengan cara ini
      Kalau rutin
      semua itu butuh kesabaran

      Hapus
  10. Ternyata kangkung juga bisa mengurangi dan mencegah rambut rontok ya? aku kok baru tahu!

    Dan cara menggunakannya pun sangat mudah.., thank buat infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tahu ya itu mungkin karena Mas Jen orang zaman sekarang
      Kalau org zaman dulu merawat kesehatan dan kecantikan sdh menjd hal yang biasa dg memanfaatkan tumbuhan atau bahan lainnya seperti merang dipercaya bisa menghitamkan rambut
      hehe ....

      Hapus
  11. Baru tahu kalau kangkung juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Yang aku tahu, orang2 tua di kampungku dulu menggunakan merang yg dibakar untuk keramas. Ada juga yg menggunakan dedaunan, tapi aku gak tahu nama daunnya. Mungkin juga daun kangkung, kali ya? Hehe

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kangkung punya kandungan zat besi yang bisa mencegah lemas karena kekurangan zat besi
      satu porsi sayur sama dengan satu gelas kecil sayur tanpa kuah

      mohon maaf komentar saudara ada linknya jd saya izin utk menghapusnya
      bila nama anda tidk bisa di klik saya tdk bisa berkunjung balik ke blog anda

      Hapus
  13. Ternyata kangkung ada manfaat untuk menjaga rambaut supaya kuat tidak rontok: apakah bisa buat menghitamkan rambut juga tidak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau rambut kusam karena kekurangan nutrisi bukan karena faktor usia dan gen bisa, tapi butuh kesabaran dan rutin untuk mendptkan hslnya

      Hapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu