Kamis, 28 Desember 2017

Cara Agar Nasi Goreng Lebih Sehat

25 comments

Cara agar nasi goreng lebih sehat adalah nasi yang dimasak dengan proses menggoreng tanpa mengabaikan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pengolahannya.

Nasi goreng sangat populer karena kelezatan dan sangat praktis dalam proses pembuatannya. Agar nasi goreng tetap sehat jangan sampai mengabaikan proses dan paduan bahan-bahan yang kita gunakan. Biasanya nasi goreng disajikan sebagaj sarapan pagi karena kepraktisannya dan kita bisa menambahkan sayuran dan protein ke dalam nasi goreng.

Bagi penggemar nasi goreng sering kali merasa takut untuk menikmati makanan kegemarannya ini karena nasi goreng dianggap sumber kolestrol tinggi karena kaya lemak jenuh dan karbohidrat.



Kali ini blog jelmayatiasa akan berbagi cara agar nasi goreng lebih sehat. Ada beberapa cara dan bahan yang disarankan bagi yang gemar membuat dan menikmati nasi goreng menjadi lebih sehat.

1. Nasi

Untuk membuat nasi goreng gunakan nasi yang sudah dimasak pada malam harinya. Maksudnya kita bisa gunakan nasi sisa makan malam. Nasi yang baru dimasak tidak begitu sedap untuk dijadikan nasi goreng biasanya nasi goreng menjadi lembek. Bagi yang suka menyimpan nasi dalam lemari pendingin untuk nasi goreng sebelumnya dipisah-pisahkan dulu bila menggumpal agar lebih mudah saat mengolahnya dan tidak terlalu lama saat pemanasan. Bila terlalu lama saat pemanasan bisa merusak nutrisi yang ada pada nasi.

2. Minyak

Hindari penggunaan minyak bekas hal ini untuk menghindari pemanasan berulang. Akan lebih baik bila menggunakan penggorengan atau kuali anti lengket agar tidak perlu menggunakn minyak terlalu banyak. Menggunakan minyak baru tujuannya selain menghindari pemanasan berulang kali juga menghindari lemak jenuh, pemanasan berulang bisa mengubah lemak tak jenih menjadi lemak jenuh, lemak jenuh bila berlebihan masuk ke dalam tubuh tidak baik karena bisa memicu penyakit diantaranya jantung koroner dan diabetes. Dianjurkan menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun kedua minyak ini bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

3. Minyak tidak terlalu panas

Hindari sebisa mungkin memanaskan minyak di atas penggorengan sampai minyak mengeluarkan asap. Hal ini akan membuat masakan hangus dan nasi goreng tidak nikmat juga tidak sehat. Minyak yang dipanaskan pada suhu terlalu tinggi hingga berasap akan kehilangan nilai nutrisinya. Terlebih lagi bila menggunakan minyak zaitun, karena minyak zaitun memiliki titik panas yang rendah, jadi cukup dipanaskan sebentar saja sudah akan mengeluarkan asap. Ada jenis minyak lainnya yang bisa digunakan dan sehat seperti minyak wijen atau minyak jagung. Sedangkan minyak sawit dan minyak kelapa sebaiknya dihindari, karena minyak sawit dan minyak kelapa di percaya kaya akan lemak jenuh meski tidak mengandung kolesterol.

4. Hindari mentega

Untuk menggoreng nasi hindari menggunakan mentega atau yang disebut juga margarine. Meskipun mentega lebih gurih akan tetapi mentega mengandung lemak jenuh tinggi yang diyakini memicu resiko meningkatkan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung. Sama halnya dengan mentega yang mengandung asam lemak trans dan sedikit lemak jenuh.

5. Gunakan bahan-bahan segar

Panaskan minyak baru dalam suhu sedang. Masukan nasi yang masih baik aduk hingga tercampur dengan bumbu-bumbu. Pilih sayur-sayuran yang masih segar misalnya wortel, buncis, tauge, tomat, timun, kol potong-potong kecil tambahkan pada nasi goreng lalu tumis hingga layu sayurannya. Kurangi penggunaan bumbu penyedap yang tinggi kandungan sodium, seperti saus atau kecap asin.

6. Gunakan bumbu-bumbu alami

Hindari menggunakan bumbu nasi goreng kemasan yang siap pakai. Karena biasanya bumbu siap pakai mengandung terlalu banyak garam dan pengawet. Selain itu rasanya belum tentu sesuai selera lidah keluarga. Kita bisa gunakan bahan-bahan yang segar dan alami, misalnya saja cabe, bawang merah, bawang putih juga lada. Selain sehat jumlahnya atau takarannya bisa kita sesuai dengan selera lidah keluarga kita. Ingat nikmat itu sebatas lidah jangan sampai mengutamakan kepraktisan lalu mengabaikan kesehatan anggota keluarga sendiri.

7. Protein hewani dan nabati

Agar nasi goreng lebih sehat tambahkan juga protein nabati juga protein hewani. Potong kecil-kecil tempe dan tahu tambahkan pada nasi goreng buatan kita. Kalau menggunakan daging ayam bisa pilih bagian dada ayam karena dada ayam lebih sedikit lemaknya dengan nembuang dulu kulitnya. Bisa juga dengan tambahkan telur mata sapi pada nasi goreng yang kita buat. Sebisa mungkin nasi goreng dipadukan lebih banyak sayuran dari pada memasukkan daging olahan (sosis atau daging asap dapat meningkatkan resiko kanker usus besar).

Mungkin pembaca khususnya pencinta kuliner ada yang pernah mendengar atau pernah membaca atau mungkin juga pernah merasakannya, ada bermacam-macam varian nasi goreng yang sering dibuat dan disajikan. Dari ragam bumbu-bumbu yang unik dan nikmat rasanya, yaitu misalnya saja : nasi goreng sehat pare, nasi goreng sehat petai, nasi goreng sehat jamur, nasi goreng sehat spesial dan masih banyak lagi nasi goreng sehat yang bisa menjadi pilihan untuk disajikan pada keluarga tersayang.

Mungkin bahan-bahan yang ada dibawah ini bisa menjadi contoh panduan nasi goreng yang sehat.

Bahan-bahan :

* nasi satu setengah piring
* 1 butir telur
* 2 sendok makan kecap asin ( perhatikan kandungan sodiumnya pilih yang lebih rendah)
* 1 sendok makan minyak wijen.
* tiga-empat buah buncis segar potong kecil-kecil
* 2 tangkai daun bawang
* 3 sendok makan minyak zaitun
* seperempat sendok teh garam.
* 2 wortel, potong kecil-kecil.
* seperempat cangkir paprika hijau cacah
• seperempat cangkir tauge segar


Takaran persajian dengan bahan-bahan di atas lebih kurang terkandung 300 kalori. Dengan nutrisi kurang-lebihnya :

- 6 gram protein,
- 15 gram lemak,
- 53 mg kolesterol,
- 36 gram karbohidrat,
- 3 gram serat,
- 10 gram lemak tidak jenuh,
- 3 gram lemak jenuh,
- 498 mg sodium.


Ayo silahkan berkreasi bagi penyuka nasi goreng. Berkreasilah dengan tetap mengutamakan kesehatan tanpa mengurangi citarasa yang sedap sehingga tetap aman di konsumsi dan mengurangi resiko-resiko penyakit yang mengintai kita juga keluarga kita.

tips dan trik : Cara Agar Nasi Goreng Lebih Sehat

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

25 komentar:

  1. Hmmmmm, perlu banget nih tips bikin nasgornya agar nasi goreng yang kita buat tetap terjaga dengan baik nutrisinya. Saya juga gak suka dengan bumbu penyedap rasa, lebih baik pakai bumbu sendiri, kayak bawang putih/merah, cabai, terasi, bawang bombay, lada dan lainnya.

    Malah saya suka banget makan mentega di roti, kumaha atuh ieu?? Soalnya enak banget sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya di negeri kita ini kaya akan rempah yang bisa membuat sedap masakan walau tanpa penyedap buatan

      Suka makan mentega dengan roti itu juga kesukaan saya, yang pasti perrhatiksn tanggal kadaluarsanya dan jangan berlebihan karena tubuh kita juga butuh lemak jenuh. Lemak jenuh bukan tidak ada manfaat bagi tubuh kita, ada juga manfaatnya selama dalam takaran yg tdk berlebihan.

      Hapus
  2. maaf baru berkunjung lagi ke jejak maya, itu karena aroma nasi goreng sehatnya yang bikin saya berkunjung kemari hehe.. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nyobain nasi goreng mbak maya ya ceuu... bayar tauukk... :D

      Hapus
  3. Saya kalau lagi di kampung suka banget membuat nasi goreng. Dan setelah membaca artikel di atas, sepertinya saya harus merubah kebiasaan menggoreng nasi menggunakan minyak jelantah. 😂😂😂

    BalasHapus
  4. beli doang bisanya, hehe
    tapi gak salah dicoba ini, sudah lengkap bngt bahan2nya dan caranya jg

    BalasHapus
  5. Ditempat saya jarang mba sarapan pakai nasi goreng, tapi nasi kuning. Satu lagi mba kalau masak nasi goreng jangan pakai api yg terlalu besar

    BalasHapus
  6. Asyiikk.. ada cara bikin nasgor yang sehat, selama ini saya kalo bikin nasi goreng tanpa pertimbangan apa-apa, pokoke segala bumbu yang ada saya ulek jadi satu... hiks..

    BalasHapus
  7. wah tips ini mau saya kasihkan ke ibuke ah.soalnya nasi goreng merupakan salah satu makanan favorit saya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti ibuke ga sedapa buatnya kan :)

      Hapus
  8. Saya kalo goreng nasi sering pake margarine
    ternyata kurang sehat
    tak kira malah lebih sehat pake itu

    BalasHapus
  9. nasi goreng sehat makanpun nikmat ya mb, hehe

    BalasHapus
  10. jadi pengen makan nasi goreng nih.
    kalau aku suka nasi goreng tambah bilis ataupu seafood.

    boleh juga nih tipsnya mbak maya :-)

    BalasHapus
  11. nasi goreng emng paling enak sih, cuma yah itu, banyak yang bilang kalau nggk sehat. kalau aku sih, makan apa aja asalkan nggk keseringan nggak masalah juga.. heheheh

    BalasHapus
  12. wah kalau saya malah gorengnya pakai mentega, bukan minyak

    BalasHapus
  13. wuih ini NASI GORENG favorit saya.

    Untuk MINYAK, untuk tumisan, salad, saya gunakan olive oil / minyak zaitun.
    Untuk menggoreng saya gunakan minyak kelapa.

    Arrggh .. jadi lapar. Terimakasih resepnya, siyaaap nyoba.

    BalasHapus
  14. memang kadang bikin nasi goreng tidak memperhatikan sehatnya yang penting enak di lidah sis

    BalasHapus
  15. berarti dengan apa yang saya pikirin beda yah....tak kirain supaya nasi gorengnya sehat, si nasi goreng itu harus lari pagi secara rutin atau senam....tak taunya bukan begitu maksudnya ya?....hadeuh

    BalasHapus
  16. Ini mah cocoknya buat mang lembu biar tmbah langsing.. #ehh

    BalasHapus
  17. Paling suka nih Nasi Goreng...cuma ya gitu deh kata pakar gizi Nurisinya banyak berkurang serta tinggi lemak jadi paling paling sesekali.

    BalasHapus
  18. terima kasih di atas recipe nya mbak...

    saya guna beras perang (brown rice) kalau masak nasi goreng. sebab brown rice kan beras yang bagus untuk kesihatan... tapi kalau dah buat nasi goreng, bahan2 sampingan seperti seafood dan sayur lagi banyak dari nasinya hahahaaha

    BalasHapus
  19. Kayanya mba maya selain ngeblog juga jualan nasi goreng ya?? Hiks

    BalasHapus
  20. Oh penggunaan minyaknya jangan sampai berasap ya. So far nasi goreng memang saya pakai bumbu giling dan campurannya pun juga macam ayam suwir, jamur. Sebisa mungkin memang bukan yang daging instant.

    BalasHapus
  21. Lengkap sekali Mbak. Kadang aku pake mentega lho bikinnya. Wah jadi tahu sekarang. Makasih sharingnya ya

    BalasHapus
  22. Kalau saya selalu menambahkan terasi dijamin lebih enak.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu