Kamis, 01 Februari 2018

Cara Ampuh dan Mudah Membunuh Rasa Kesepian.

25 comments


sumber foto : Keluarga bahagia


Cara Ampuh dan Mudah Membunuh Rasa Kesepian. Pagi yang indah matahari bersinar cerah burung-burung berkicau riang, tak mampukah menjemput kebahagiaan yang seharusnya menjadi milikmu? Mengapa engkau memilih mengurung diri dalam kesepian? Tak relakah engkau bila orang lain melihat senyum bahagiamu? Ada apakah gerangan dengan dirimu?
Merasa kesepian yang terus-terusan sangat berpengaruh buruk pada kesehatan jasmani dan rohani. Lebih parah lagi bisa menyebabkan kematian secara tak wajar, bunuh diri salah satunya. Begitu banyak berita di media ekektronik maupun media cetak yang menyebutkan orang-orang mengakhiri masa hidupnya di dunia ini karena merasa kesepian.

Boleh baca ini juga ya :



Nah betapa dahsyatnya pengaruh buruk dari rasa kesepian ini tidak hanya mendatangkan penyakit yang mematikan akan tetapi juga menghabisi nyawanya sendiri dengan cara-cara yang sangat ekstrime, gantung diri bahkan ada juga yang sengaja melompat dari gedung yang tinggi demi mengakhiri rasa kesepian yang dirasakan.

Kita sebagai umat beragama sangat tidak boleh membiarkan ini terjadi ada cara yang sangat mudah dan ampuh untuk mengatasi rasa kesepian ini. Kali ini admin jejak maya ingin berbagi hal ini untuk kita semua semoga ada manfaatnya. Sudah siapkah anda? Baiklah kita mulai yuk! Cara Ampuh dan Mudah Membunuh Rasa Kesepian ala jejak maya :

1. Jangan tinggalkan shalat

Bagi umat muslim ada ibadah wajib yang tidak boleh sama sekali ditinggalkan. Dalam satu hari satu malam ada lima waktu yang wajib dikerjakan, yaitu Isya, Subuh, Zuhur, Ashar dan Maghrib. Dalam bacaan shalat itu terdapat doa yang mampu mendekatkan diri kita, jiwa kita pada Sang Khalik pemilik jiwa ini. Rasakan ketentraman hati saat sedang berhadapan dengan-Nya menunaikan kewajiban sebagai makhluk ciptaan-Nya.

2. Perbanyak Ibadah

Ibadah wajib adalah ibadah yang tidak boleh ditinggalkan, dengan menunaikan ibadah wajib hati menjadi tenang dan tentram terlebih lagi bila ditambah dengan ibadah-ibadah sunah. Ketika hati dihinggapi rasa kesepian dan mulai dirasuki pikiran-pikiran yang menambah gelisah maka cara terbaik adalah semakin mendekatkan diri pada-Nya. Perbanyak Zikir dan tilawah membaca Al-Qur'an sangat ampuh hilangkan rasa kesepian yang melanda.

3. Aktif bersosialisasi

Jangan biarkan rasa kesepian membuatmu semakin mengurung diri menghindari bertemu orang-orang disekitarmu. Bergabunglah dalam komunitas yang positif, seperti karang taruna, Remaja Islam Masjid (Risma), menghadiri majelis zikir dan masih banyak lagi yang bisa diikuti kegiatan positif sesuai dengan kondisi dan lingkungan terdekat.

4. Kenali apa yang hilang

Merasa kesepian biasanya ada hubungannya dengan kehilangan. Kehilangan seorang teman karena harus melanjutkan pendidikan ditempat yang jauh misalnya, maka cobalah untuk memahami bahwa itu bukanlah alasan untuk merasa kesepian, tetapi itulah hal terbaik yang harusnya memacu semangatmu agar kelak bila jumpa ada banyak cerita indah yang bisa diceritakan kembali.
Kehilangan kekasih mungkin? Kehidupan ini bukan hanya memberikan bahagianya pertemuan, tapi juga mengajarkan bagaimana ikhlas dengan perpisahan. Tak guna menangis berkepanjangan kembalikan kepada sang pemilik hati bila memang jodoh tak akan kemana.
Atau ditinggalkan orang yang kita sayangi pergi untuk selamanya? Pahamilah! Inilah hidup kita semua akan kembali pada yang memberi kehidupan bila waktu yang telah ditentukan itu tiba tak ada yang kuasa untuk menghentikannya. Kelahiran hingga akhirnya kehidupanpun berakhir sudah ada dalam ketentuan-Nya. Sedihlah sewajarnya, jangan larut dalam kesedihan berkepanjangan karena kehidupan harus terus berjalan.

5. Bersibuk ria

Saya pernah menyibukkan diri dengan menata taman. Halaman saya waktu itu tidak terlalu luas, tapi saya sangat sibuk dengan mengoleksi, menanam dan merawat beberapa bunga. Keseharian saya yang disibukkan dengan menanam dan merawat bunga luar biasa membuat saya bahagia. Ini sangat ajaib hingga bunga-bunga yang saya tanam mulai menampakkan kuncup-kuncup bunga, secara jujur saja tak pernah saya merasa kesepian karena saya disibukkan dengan pikiran-pikiran bagaimana supaya bunga-bunga yang saya tanam bisa tumbuh subur dan berbunga. Padahal saya tidak hobi soal tanam-menanam ini. Mungkin kamu bisa cara lain yang mungkin bisa kamu lakukan, tentunya disesuaikan dengan kondisi yang bisa mecing dengan keadaanmu so yang manfaat dan positif ya.

6. Menulis

Cara ini sangat ampuh mengusir rasa kesepian. Aku yakin banget menulis menjadi salah satu pilihan tepat. Mungkin dengan menulis di blog rasa sepi akan menjauh-sejauhnya. Yakinlah bahwa setiap tulisan yang kamu ukir di blog kesayanganmu akan ada manfaatnya dan yang pasti dengan menulis mampu membunuh sepi yang hinggap dalam hidupmu. Menulis bisa menjadi terapi setiap jiwa yang merasa kesepian. Nah tunggu apalagi menulislah bunuh rasa sepimu dan bahagialah.

Sahabat maya pada intinya rasa kesepian itu adalah situasi emosi rasa yang tidak bahagia, bisa saja disebabkan karena kehilangan, keinginan berteman yang tidak terpenuhi, karenanya kita harus tahu betul apa penyebabnya. Kalau karena keinginann yang tidak terpenuhi maka cobalah untuk lebih koperatif dengan cara tergabung dalam komunitas tertentu yang bisa membuatmu berada dalam situasi bahagia dan bisa berekspresi dalam kelompok tersebut.

Satu lagi yang paling mudah, jangan remehkan kerja bakti atau gotong royong yang mungkin diadakan di daerahmu, ikutilah dan bergabunglah sekecil apapun yang bisa kamu lakukan tumbuhkan keyakinan dalam dirimu bahwa itu ada manfaatnya, jadi bukan dengan menarik diri dari khalayak, bergabunglah dan membaurlah. Ingat ya! Membaur bukan melebur hehe ....

Cerdaslah dalam memilih pergaulan yang positif lainnya kamu pasti bisa dan bahagia, dengan demikian rasa kesepian hilang dan kamu akan merasa bahagia.

Kata penyemangatku hari ini :

"Bicaralah lewat rangkaian aksara yang mampu engkau susun, bila lisanmu tak mampu ungkapkan apa yang ada dalam kalbumu."

tips dan trik : Cara Ampuh dan Mudah Membunuh Rasa Kesepian.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

25 komentar:

  1. Kalau no.1 sudah tidak di ragukan lagi...

    Kebanyakan orang kesepian itu orang yang malas...

    Mau kerja males... mau aktifitas males... mau bersosialisai males...

    Ujung ujungnya tidur mulu... tiap hari...

    Laper mau makan gak ada duit karena males bekerja..., di nasehati malah kesinggung, merasa patah hati... karena kurangnya sosialisai...

    Bisa di tebak deh... ujung ujung... kalau nggak bunuh diri, ya mungkin jadi penjahat...

    Itu menurut saya ya... mbk maya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe salah satunya itu dia "malas" lah wong diajak kerja bakti gotong royong saja enggan gimana ndak kesepian toh hehe

      Hapus
    2. nggak ada yang mampu mengobati kesepian dan kegundah gulanaan hati kecuali segera kembali kepada sang pencipta dan memohon kepadanya agar resah dan gelisah hati segera digantikan menjadi keriang gembiraan, maka ibadah (sholat) adalah satu-satunya cara paling mujarab...yang poin-poin lainnya akan datang sendiri dan bakalan ngikutin kok

      Hapus
  2. Kemarin kayaknya ada yang bilang menghilangkan penat dengan musik,
    Nah kayaknya musik cocoknya di taruh disini nih di saat kita kesepian dan teringat seseorang ;v haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, kesepian bisa hilang dengan musik tapi tetap saja sendiri ini berarti menikmati kesepian hehe ....

      Hapus
  3. Kalau saya sibukkan dengan Bisnis Offline hilang semua kesepian.BTW kok ganti Mba Domainnya Mba sayang loh DA nya Sudah setahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesibukan di dunia nyata ampuh membunuh sepi aku setuju banget

      iya sayang banget memang, tapi sudahlah aku sdh memutuskan

      Hapus
  4. Selalu sukkkaaa sama paragraf terakhir yang selalu sarat makna.

    Semangat mba Maya

    BalasHapus
  5. Betul mbak Mhay... Tapi sejak ada anak saya pribadi malah merindukan sendiri...Sendiri dalam artian bersepi-sepi diri dalam hitungan hari.... Karena terlalu ramai juga bukan kesukaan saya juga... ☺☺☺

    Intinya dari 6 diatas bisa saya terapkan kalah datang hati dan jiwa sepi...😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingin merasakan sepi bukan berarti kesepian dong hehe
      manusiawi kadang kita memang butuh rehat dari keramaian
      hehe

      Hapus
  6. Terlepas dr semua cara td, yg paling mujarab nomor 6.. Menulis, hhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi banyak bahan tulisan ya hehe

      Hapus
  7. Sepi itu enak kok mbak maya
    enak buat tidur, enak buat nulis
    tapi jangan terlalu juga nanti kesurupan lagi
    kan kasian setan nya gak ada yang ngeluarin kalo lagi kesepian

    yang pastinya ibadah jangan di tinggalkan
    sahabat terbaik saat kesepian adalah Al-Qur'an..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibuat enjoy aja ya sepi juga anugerah tinggal gimana kita menyikapinya hehe
      Cuma syetan yang tidak butuh rehat hehe

      Hapus
  8. satu tambahan dari saya Mbak ... " berkumpulah dengan orang2 soleh / sholehah "

    atau berkumpulah dng teman arisan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, dalam majelis zikir in syaa Allah

      arisan wow oke banget
      apalagi kalau dapet

      Hapus
  9. Urutannya pas mbak maya dan semuanya cocok jg untuk saya. Kadang merasa kesepian padahal keseharian tidak ada pembedanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap hari sama itu biasanya jenuh say, rasa jenuh muncul karena rutinitas

      Hapus
  10. selalu rajin salat kalau bisa berjamaah yang lima waktu itu biar hati menjadi tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. shalat berjamaah pahalanya berlipat dan tidak kesepian

      Hapus
  11. Untungnya saya jarang kesepian, karena selalu ada teman-teman yang menjadi penyemangat dalam aktivitas sehari-harai..

    Salah satunya adalah mbak maya degan blog kerennya ini.. tetap ceria menginspirasi sahabat-sahabat di dunia maya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah asyik kalau gitu mang

      Ah blog hiburan mang untuk menghibur diri sendiri alhamdulillah kalau ada yang bisa ikut terhibur

      #tersanjung

      Hapus
  12. Lupa kpn terakhir kesepian. Bahkan kadang sakin bnyk aktivitas lupa klo sdh pergantian bulan lagi
    Senin mpe minggu berlalu begitu cepat #setuju bngt pd poin2nya

    BalasHapus
  13. tapi, dalam banyak2 cadangan, yang nombor 1 itu palingggg mujarab kan?

    BalasHapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu