Minggu, 18 Maret 2018

Libur Cuma Dua Hari

23 comments



Libur cuma dua hari. Liburan singkat kemana ya? Mungkin ada yang ingin liburan di rumah saja ngumpul dengan keluarga. Kalau gitu sama dong dengan admin liburan di rumah aja. Kalau liburan ke pantai suka cape pulangnya belum lagi antrinya, biasanya rame kalau hari libur sampai kadang harus bermacet ria. Berhubung cuma libur dua hari asyiknya di rumah aja sambil istirahat ngumpul dengan keluarga seruuuu ...!

Tapi liburan di rumah ntar bete. Gimana liburan di rumah biar nggak bete? Menurut admin nggak bete kalau liburan ngumpul dengan keluarga caranya ya kita ciptakan keseruannya. Sekali-kali liburan ke rumah sanak famili atau kita yang undang mereka untuk liburan di rumah kita wah pasti seru dong.

Memanfaatkan hari libur dengan bersilaturahmi sungguh suatu yang positif. Tahu sendirikan, kalau hari kerja biasanya dari pagi sampai sore waktu kita habis ditempat kerja. Itu sebabnya memanfaatkan hari libur singkat (cuma 2 hari) untuk mengunjungi sanak keluarga yang mungkin sampai beberapa minggu bahkan berbulan-bulan tidak bertatap muka.

Emang sih sering kontak, tapi via telpon aja. Cuma saling mendengarkan suara atau bertatap muka dengan videocall doang. Itu sih sah-sah ajalah namanya juga sama-sama sibuk ini. Kedua pihak pasti tidak akan komplain bahkan sangat maklum.

Di kalender ada libur cuma dua hari tanggal merah rasanya sangat sayang untuk dilewatkan tanpa berkunjung ke rumah adik, kakak, tante atau uwak.

Seperti biasa admin jejak maya kerap memantau kalender, kapan ya ada tanggal merah yang dua atau tiga hari berurutan? Kalau ada lumayan kita bisa ke rumah uwak atau ke rumah abang.

Memang dua hari mungkin tidak cukup waktu untuk sekedar melepas rindu dengan sanak keluarga yang tidak begitu memakan waktu dalam perjalanan. Tiga sampai enam jam perjalanan rasanya tidak terlalu jauh juga untuk jarak yang ditempuh.

Bagaimana cara memanfaatkan liburan singkat untuk bersilaturahmi? Tentu kita harus punya kiat-kiat khusus agar tidak banyak waktu yang terbuang dan mengganggu keceriaan berkumpul bersama keluarga dan saudara. Sekedar berbagi kiat yang mungkin ada manfaatnya buat mereka yang ingin memanfaatkan masa liburan yang singkat. Liburannya dapat nilai silaturahminya juga dapat.

1. Beritahukan atau informasikan

Kamu pasti tidak inginkan saat kamu datang ketempat yang menjadi tujuan silaturami eh orangnya tidak ada ditempat. Nah untuk menghindari hal ini terjadi sebaiknya kamu hubungi dulu targetmu, katakan bahwa kamu akan mengunjunginya besok. Cara ini untuk memastikan bahwa targetmu ada ditempat. Dan dengan cara ini kamu akan mendapatkan jawaban dari "apakah target kunjunganmu tidak punya acara lain."

2. Berangkat dari rumah sepagi mungkin

Agar kamu tidak berangkat kesiangan untuk menghemat waktu karena liburan cuma sesaat siapkan kebutuhan yang nantinya akan menjadi kebutuhanmu ditempat yang kamu kunjungi pada malam harinya. Menyipakan segala kebutuhanmu pada malam hari selain menghemat waktu, Kamu juga bisa meminimalisir kemungkinan perlengkapanmu tertinggal. Kamu tentu tidak ingin merepotkan tuan rumah karena perlengkapanmu tertinggal. Ingat loh kita bukan nginap di hotel. Dan akhirnya membuat kamu sendiri tidak nyaman menikmati moment liburan dengan silaturahmimu.

3. Buah tangan

Kamu punya ide membawakan targetmu oleh-oleh? Ini ide bagus loh. Pilihlah oleh-oleh yang bisa disajikan dengan mudah. Selain menyenangkan keluarga yang kita kunjungi juga tidak mengurangi kerepotan tuan rumah karena harus menyediakan makanan untuk kamu dan keluargamu. Meskipun ada juga tuan rumah yang senang rempong dengan aneka kudapan dan makanan.

4. Ajak keluarga lainnya

Biar seru moment silaturahminya kamu bisa minta persetujuan tuan rumah untuk mengajak anggota keluarga lainnya (adik, kakak misalnya) untuk datang juga. Kan asyik tuh bisa jadi kesempatan untuk ketemu lebih banyak lagi dengan anggota keluarga yang lain.

5. Jadi tuan rumah

Atau kamu mau jadi tuan rumahnya? Wah ini ide bagus juga ya, jadi kamu cukup menunggu dan menyiapkan segala sesuatunya di rumah. Kamu bisa tentukan sendiri siapa-siapa saja yang akan kamu undang untuk hadir di moment liburan singkat sebagai ajang silaturahmi ini, atau kamu bisa usulkan kepada anggota keluarga yang lain, makin rame kan makin seru.

6. Siapkan acara

Supaya acara silaturahmi tidak membuat bosan siapkan juga acara yang bisa membuat suasana liburannya terasa. Perhatikan usia yang kira-kira hadir di moment berharga ini. Mungkin ada anak yang perlu keceriaan sesuai dengan usianya. Adakan permainan seru untuk anak-anak.



Para wanita bisa berbagi keterampilan atau mungkin berbagi info sekitar resep-resep pilihan. Sementara para kaum prianya bisa berbagi cerita santai supaya kembali fres saat kembali beraktifitas setelah liburan singkat usai.

Silahkan cari acara yang bermanfaat sesuai kriteria yang diinginkan agar liburan singkatmu tidak berakhir tanpa kesan.
Saranku carilah liburan yang tidak membuat energimu terkuras habis karena liburannya cuma sebentar. Kalau terlalu lelah saat menjalani liburan bisa-bisa saat mulai beraktifitas setelah hari libur usai bukannya tambah semangat, tapi malah malas karena kecapean atau kelelahan.

tips dan trik : Libur Cuma Dua Hari

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

23 komentar:

  1. Kiat nomor 2 ... setuju banget 😁

    Aku kalo travelling juga gitu,kak.
    Pagi-pagi banget dah siap meluncur ☺

    Malam sebelumnya dah prepare apa aja yang akan dibawa, lalu tidur awal.
    Besoknya tinggal jalan ...
    Hehehe

    BalasHapus
  2. libur dua hari cuma di rumah aja sendirian lagi cuma hp yang setia menemani..hiks

    BalasHapus
  3. Wah aku sampe ga tau kalau ada libur 2 hari 😂

    BalasHapus
  4. ya ya, lebih bagusnya memberitahukan dulu. Biar tuan rumah punya persiapan atau menunda acara lainnya. Jika mendadak ,takutnya tuan rumah sedang pergi. Jadi kecewa hatilah.

    BalasHapus
  5. Kalo lagi liburan enaknya jalan" atau kerumah sodara yang agak jauh jadi asik mba, hehe
    Tapi perlu juga menggunakan tips supaya liburan nya makin seru dengan mengikuti tips tips yang sudah mba maya share :D

    BalasHapus
  6. saya tiap minggu libur dua hari, sabtu dan minggu, paling di rumah saja bikin artikel hehe

    BalasHapus
  7. Untungnya rumah saudaraku banyak di sekitar depok
    jadi pas ada libur kejepit gitu tinggal digilir aja deh satu satu mau ke rumah tante yang mana hihihhi

    BalasHapus
  8. kemarin libur 2 hari malah di rumah aja saya hehe..
    aku masih ada kesulitan ngajak jalan-jalan bareng keluarga lainnya mbak, hiks.. biasanya mereka selalu sibuk belum ketemu wkatu yg pas.

    BalasHapus
  9. Kalau saya malah lupa kalau kemarin ada libur dua hari. Karena tempat kerjaku nggak punya hari libur. Jadi, ya nggak punya acara liburan kemana. Hehe

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Tuan rumah
      Walau aku kurang ramah
      Namun dijamin pada betah
      Sebab kuberikan pengertian tapi terserah

      Hapus
  11. kalau rumah saudara mara dekat lagi mudah kan? macam saya, masaing-masing duduk jauh...

    BalasHapus
  12. Kemarin libur 2 hari saya cuma habisin waktu di gramedia, numpang baca buku aja. Sambil cari buku yang lagi di cari aja mbak.
    Pngen pulang ke palembang tapi nanggung banget

    BalasHapus
  13. Aku juga kak may, selalu mantengin tanggal merah. Wkwk
    Kemarin libur dua hari mbolong ke semarang, ckckck

    BalasHapus
  14. Wktu libur 2 hari saya nebghabiskan wktu di rumah saja tidak maen keman mana ..

    BalasHapus
  15. wah saya malah nggak ngarep ngarep hari libur Mbakyu....

    tapi yang namanya hari libur itu hari yang menyenangkan, apa lagi bagi si anak anak....

    BalasHapus
  16. akhir bulan tgl merah mbak.. berangkaaaaattt...^^

    BalasHapus
  17. Jujur kalau saya katakan, saya ingin kembali lagi ke jaman waktu sekolah karena setiap tanggal merah selalu libur dan yang lebih parah lagi apabila tanggal merahnya jum'at maka hari sabtunya sering di tendang, hal inilah yang membuat saya sering mengenang waktu waktu sma disamping masih banyak pengalaman saya yang lainnya.

    BalasHapus
  18. ah iya kalau ke pantai atau tempat umum pas hari libur suka rame, malah ga asyik...

    kalau saya sibuk dengan yang namanya buah tangan, pasti sibuk mikir mau bawa apa ya... hmmmm mulai deh kepikiran mau buat sendiri buah tangannya berupa makanan tentu saja..ahai

    BalasHapus
  19. ngeyelnya para pekerja itu, pas kerja pinginnya liburan, pinginnya ada tgl merah banyak2 biar bisa liburan, eh giliran liburnya ada malah mager doang di rumah, bawaannya males, 2 hari kemarin saya jg ga kemana mana mbak May, haha.. nyesel belakangan.

    BalasHapus
  20. kalau saya mana bisa dua hari sahaja

    BalasHapus
  21. Sekarang kalo libur kemana-mana, udah keburu capek di jalan, soalnya pasti macet dimana-mana, apalagi daerah tempat wisata, kayak di Puncak.

    Paling enak emang silaturahmi ke tempat saudara sih, biar panjang umur dan berkah.

    BalasHapus
  22. Saya juga libur dua hari sabtu dan minggu, tapi kadang2 doang yang jalan. Klo setiap minggu bisa tekor, paling ke Mall dan jalan2 dalam kota doang

    BalasHapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu