Rabu, 14 Maret 2018

Menikmati Liburan dengan Beribadah Umroh

15 comments



Menikmati Liburan dengan Beribadah Umroh. Sebenarnya ini adalah keinginan sekaligus cita-cita admin. Semoga Allah ridha dengan cita-cita ini dan semoga niat ibadah karena mengharapkan keridhaan Allah tidak ada bercampur riya' atau hal lain yang akan menjadikan sia-sia dari nilai ibadah yang menjadi niat utama. Maksud dari judul bisa saja banyak ditafsirkan dengan beragam pemahaman namun niat di hati semoga tidak goyah hanyalah ibadah semata.

Bagi mereka yang punya rencana mengisi liburannya ke luar negeri selain ke Tanah Suci Mekah itu adalah hak masing-masing. Toh setiap individu punya misi, keinginan atau harapan yang berbeda-beda. Ada yang ingin mengisi waktu liburannya dengan mengunjungi saudara atau sanak familinya yang berada diperantauan yang secara kebetulan berada di luar negeri yang memang tidak di Tanah Suci Mekah. Negara luar itu kan banyak. Tak ada yang salah dengan hal ini dan ini sah-sah saja toh pembiayaannya mereka yang punya.

Sebelum melanjutkan tulisan ini, sebelumnya sekedar sedikit bocoran saja ide dari tulisan ini adalah saat salah satu anggota keluarga yang menunaikan ibadah umroh dan baru saja kembali dari menunaikan ibadah haji beberapa hari lewat.

Begitupun dengan Admin Jejak Maya sangat ingin ke luar negeri yang menjadi tempat umat Islam menunaikan ibadah haji di musim liburan nanti, semoga saja ini keinginan ini bisa terlaksana secepatnya, karena admin percaya bahwa Allah memanggil yang ingin dan memampukan yang berniat untuk mengunjungi-Nya beribadah ikhlas hanya mengharapkan keridhaan-Nya.

Sudah diketahui oleh banyak orang bahwa menunaikan ibadah haji di zaman ini harus sabar menunggu antrian. Begitu banyak calon jemaah haji yang sudah mendaftar untuk melaksanakan rukun Islam yang ke lima ini, yaitu menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah.

Antrian yang cukup membutuhkan kesabaran ini akhirnya membuat para calon jemaah haji memilih untuk mengambil cara dengan menjalankan ibadah umroh sambil menunggu saatnya berangkat haji sesuai jadwal yang sudah menjadi gilirannya. Walaupun tidak menuntup kemungkinan bisa berangkat menunaikan ibadah haji lebih cepat dari yang telah dijadwalkan. Tak ada yang sanggup memundurkan atau memajukan bila Allah telah berkehendak, karena Allah Maha Kuasa terhadap segala sesuatu termasuk jadwal keberangkatan haji seseorang. Pada intinya tetaplah berpikir positif yakinlah bahwa pola pikir yang selalu positif itu akan mendatangkan banyak kebaikan.

Ada banyak paket yang ditawarkan oleh penyelenggara umroh yang terdaftar resmi di Negara Indonesia tercinta ini. Betul, kita harus ekstra hati-hati menginggat banyaknya penyelenggara umroh yang ada, jangan sampai niat ibadah umroh batal karena tergiur paket murah meriah dengan iming-iming fasilitas menyenangkan termasuk mengunjungi banyak tempat-tempat yang bersejarah yang dijanjikan pihak penyelenggara.

Harus diingat betul bahwa niat utama kita adalah beribadah dan sudah tentu kita sangat berharap untuk khusyuk menjalankan ibadah umroh dengan segala tata cara maupun hal-hal wajib yang berhubungan dengan ibadah umroh tersebut.

Sedangkan liburannya untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah adalah bagian dari liburan yang biasanya ditambahkan dalam paket ibadah umroh oleh pihak penyelenggara, jadi jangan memaksakan hal yang bukan diwajibkan dalam menjalankan ibadah umroh ini. Artinya jangan sampai salah niat atau mengotori niat ibadah umroh yang menjadi tujuan utama.

Menikmati liburan dengan beribadah umroh mengapa tidak? Maksudnya sudah tentu ibadahnya yang utama hanya saja paket yang diambil adalah paket yang disediakan penyelenggara untuk di musim libur. Ada tambahan dalam paket yang biasanya ditawarkan oleh pihak penyelenggara yang jadwalnya disesuaikan dengan musim liburan. Tak ada salahnya kalau ingin mengambil paket ini terutama bagi mereka yang super sibuk sehingga paket yang ditawarkan pada musim liburan ini cocok untuk menjadi pilihan. Yang sangat penting ditanamkan dalam hati calon jemaah haji umroh adalah ibadahnya bukan liburannya.

Paket yang ditawarkan sudah tentu sangat menarik dan bervariasi jadi perlu pemikiran yang cukup matang. Niatkan dari awal bahwa kita beribadah mengharapkan keridhaan dan pahala dari Allah semata.

Demikian sedikit sharing yang mungkin ada kesamaan niat dan cita-cita dengan admin jejak maya untuk melaksanakan umroh di musim liburan nanti. Memang biasanya paket umroh di musim liburan ini bekerja sama dengan tempat kita mengabdi atau tempat kita kerja.

Ada banyak keuntungannya bila tempat kita bekerja yang mengelolanya yang pasti sesuai jadwal kerja kita dan lebih mudah pengaturan jadwalnya. Dan biasanya sebagian besar teman-teman kerja kita yang berangkat berumroh.

Catatan penting untuk admin :Tetap berprasangka baik pada-Nya. Prasangka baik akan mendatangkan anugerah-Nya.

Allah memampukan yang punya niat dan keinginan untuk memenuhi panggilan-Nya beribadah ke tanah suci Mekah dan Allah memudahkan bagi setiap kebaikan yang menjadi tujuan utama kita.

Arikel : Menikmati Liburan dengan Beribadah Umroh



If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

15 komentar:

  1. liburan yang berkah sepertinya, jalan-jalan terus bisa ibadah, muantap

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah..

    saya pun nak ke sana untuk mengerjakan umrah dan haji..

    mudah-mudahan bersama isteri yang kaki ibadah..

    biar sama-sama ke jannah berpimpin tangan

    BalasHapus
  3. Sepertinya, dunia blogger sahabat2 saya lagi pada rajin update. Udah bolak balik BW sana sini, banyak yang udah nulis one day one post. Bahkan ada yang nyampe sehari 2-3 artikel... Keren!

    Eniwei, mudah-mudahan saya, mbaknya, dan kita semua bisa berkunjung kesana ya, ke mekkah almukaromah madinah almunawaroh. Amiinn ....

    BalasHapus
  4. Betul selalu waspada jangan sampai tergiur iming2 paket murah haji dari org tak bertanggung jawab.

    Dapat 3 ya, dapat liburannya dapat umrohnya dapat jalan2nya makan2nya selfie2nya, banyak dapatnya hehe..

    BalasHapus
  5. Niat yang indah
    Pergi umroh atau Ibadah
    Pasti dapat anugerah
    Tercapai lebih mudah

    BalasHapus
  6. alhamdulillah sy sudah merasanya pada tahun 1997... sangat seronok dapat berpuasa di tanah suci... moga2 mbak maya dan semua di sini akan dipanggil ke sana kelak. aminnnn

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah..

    Semoga saya segera menyusul kesana. Amin

    BalasHapus
  8. wah enak ya bisa jalan" jauh

    BalasHapus
  9. daprt liburannya, dapat ibadahnya.. beuh..
    dunia akhirat dapat.. istimewa..^^
    semoga saya dan keluarga bisa secepatnya menyusul.. amiin...

    BalasHapus
  10. Siapapun sangat ingin bisa menunaikan ibadah haji atau ibadah umrah ya mbak may, semoga kita diberi kesempatan untuk melaksanakannya yaa...

    BalasHapus
  11. Mohon maaf saya baru bisa mampir lagi.. ada kendala teknis yang tidak bisa dihindari.. salam ukhuwah selalu...

    BalasHapus
  12. saya ikut seneng mendengar saat ada seseorang berkenginan berziarah Ke Makam Rosululloh SAW, ini niat yang baik

    saya doa kan dari Makassar ya Mbakyu...mudah mudahan niat baiknya akan segera terlaksana INSA ALLAH...

    BalasHapus
  13. alhamdulilah, ibu sudah nginjak kaki ketanah suci

    BalasHapus
  14. Alhamdullah sudah menginjakkan kaki di kota yang selalu di immpikan ummat muslim. Banyak berkahnya, umrah, liburan dan lainnya

    BalasHapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu