Selasa, 23 Mei 2017

Serah Terima Jabatan atau Sertijab

11 comments

Serah terima jabatan atau sertijab

Serah terima jabatan atau sertijab adalah rangkaian dari mutasi atau disebut juga dengan rolling atau disebut juga alih jabatan merupakan hal yang biasa. Serah terima jabatan memang harus segera dilaksanakan agar pejabat yang baru bisa segera melaksanakan tugasnya ditempat yang baru.

Alih jabatan diharapkan mampu menjadi penyegaran dalam lingkup kerja dan peningkatan wawasan pemahaman dalam suatu lembaga. Mutasi atau alih tugas bukan suatu yang menakutkan selama kita memandangnya dengan postif. Dengan adanya mutasi kita akan ditemukan dengan hal-hal yang baru juga tantangan yang baru juga tentunya.

Sertijab atau serah terima jabatan harus segera dilaksanakan agar pekerjaan tidak terhambat. Kalau serah terima jabatan tidak segera dilaksanakan tentu saja pejabat yang baru secara etika menjadi terhambat untuk segera melaksanakan tugas-tugasnya ditempat yang baru.

Dan yang lebih penting lagi setelah sertijab adalah pejabat yang baru harus cepat menyesuaikan diri atau beradaptasi baik dengan lingkungan kerja yang baru maupun dengan pekerjaan yang baru.

Prestasi kerja dinilai berhasil apabila mampu menciptakan dan membuat terobosan baru juga inovasi-inovasi dalam mengembangkan potensi kerja.

Kembali lagi, jabatan adalah amanah, semoga kepercayaan untuk mengemban amanah tersebut bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya. Tentu saja akan ada tantangan yang baru untuk dihadapi. Melaksanakan amanah harus ikhlas karena keikhlasan mengantarkan pada kesabaran dan dengan kesabaran hati menjadi tenang.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

11 komentar:

  1. Tul kaka.. Sertijab sebaiknya memang harus cepat dilaksanakan, istilahnya biar gk ruwet nanti urusannya.
    Tapi sering juga tuh saya liat di tipi2 pejabat2 baru yg belum sertijab dengan alasan masa kerja pejabat yang lama belum selesai. Kan jadi ribet.. Kalau masa kerja pejabat yg lama masih jauh dari selesai kenapa harus sibuk buru2 pemilihan?

    Harusnya tunggu aja dulu masa kerja pejabat yg lama selesai baru mengadakan pemilihan. Mau saya sih gt, hehe..

    Btw yang bener 'Sertijab' atau 'Sertejab' ya?

    #met sore menjelang maghrib kaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya gitu ya
      hehe ... yang pasti semua terjadi atas izin Allah, tanpa izin dari Nya tidak akan terjadi

      ok, met mahgrib De
      terima kasih

      Hapus
    2. oh ya yang bener "sertijab" kayaknya sih 😀

      Hapus
  2. Sertijab memang harus segera dilakukan, agar pejabat yang baru bisa bekerja sesuai fungsinya.

    Coba jika setijab belum dilakukan, kan kasian liat doi bolak-balik kewarung kopi karena menunggu serah terima jabatan 😪

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, bener tuh bolak-balik warung kopi
      lah kalo bolak balik kamar kecil bisa dehidrasi ya ....

      Hapus
  3. yaa!!! bicara soal sertijab saya pribadi untuk sekarang ini lebih kurang memperhatikan tentang hal ini.. maklum udah pensiun kerja sys Maya.. mending jadi pengusaha aja haahaaa!!! PA ����

    Yaa!! kalau ngomongin sertijab kebanyakan atau pada umumnya orang hanya berjanji diawal sampai ditengah saja... giliran akhirnya cuma bisa buat ngelus dada..����

    sebagai contoh seperti ini

    "setelah saya terima jabatan ini.? saya berjanji.. akan menikah lagi dengan sianu bila sudah jadi rondo"..���� haahaaa!!!PA.��������

    apa pun itu sertijab memang sebuah amanah yang harus dipertanggung jawabkan baik dimata rakyat atau lingkungan & Allah.S.W.T

    oiya memasuki bulan Rhamadhan saya sekeluarga mohoh maaf kalau ada salah2 kata baik lisan mau pun tulisan..yaa!! namanya juga suka bercanda & saya juga manusia biasa heehee!! ok sys Maya thanks yaa!! semoga puasa nanti kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah.S.W.T Amiiinnn..

    BalasHapus
    Balasan
    1. janji manis di awal itu lumrah, kan kesan pertama yang paling diingat, kalau dari awal sudah pahit duluan mual deh
      hehe ...

      ya sama-sama Ramadhan sebentar lagi, sama saya juga mohon maaf

      komentar saya maupun tulisan saya yang tidak berkenan tulus saya minta maaf

      untuk doanya saya aamiinkan
      salam

      Hapus
  4. Sertijab.? aku kok baru denger ya kata ini.., apa karena aku bukan orang pemerintahan ya.., hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sertijab itu semacam kuliner unik mas, rasanya rame ada asin asam manis pokoknya maknyus deh

      hehe ...

      Hapus
  5. aku sering dgr sich kata sertijab ... cuma krg faham makdud dan tujuannya :)

    BalasHapus
  6. Sertijab itu akronim mas kepanjangan dari Serah Terima Jabatan
    Jadi ada pihak yang menyerahkan dan ada pihak yang menerima
    ��

    BalasHapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu