Rabu, 07 Maret 2018

Motif Celugam Khas dari Lampung Barat

25 comments



Motif celugam khas dari Kabupaten Lampung Barat sekarang makin dikenal dan diminati oleh masyarakat baik di dalam maupun di luar kabupaten Lampung Barat (Lambar) sendiri.

Melihat dari nilai seninya memang sudah sepantasnya mampu menarik perhatian banyak orang karena tampilannya yang unik dan paduan warnanya yang sangat kontras sehingga membuat mata tak bosan untuk memandangnya.

Kerajinan celugam ini lahir dari pengrajin yang mengutamakan kekhasan dan seni yang bernilai tinggi lewat tangan-tangan trampil yang dikerjakan dengan sangat teliti dan trampil. Motif celugam ini sangat manis dipadupadankan dengan warna cerah maupun warna lembut sesuai dengan karakter pemakainya.

Paduan warna hitam, orange, putih dan merah merupakan paduan warna yang memberi kesan kemewahan bagi sipemakainya. Fashion bermotif celugam sangat pantas dikenakan pada pesta maupun acara resmi lainnya. Motif celugam/cilugam akan menambah rasa percaya diri bagi pemakainya sekaligus merupakan kebanggaan akan budaya negeri sendiri.



Tayangan video di atas adalah motif celugam khas dari Lampung Barat yang diaplikasikan pada kain, busana, kalung , tas rajut, dompet.

Kalau kita melihat pada makna warna yang telah banyak beredar dalam masyarakat kita bisa menjadi acuan dari kelompok warna yang digunakan pada motif celugam tersebut, yaitu :

1. Warna orange

Memberikan kesan hangat dan penuh semangat, serta melambangkan petualang yang mempunyai kemampuan dan rasa percaya diri, optimisme, pandai bergaul atau bersosialisasi. Ini sudah barang tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi penyuka warna orange dan menawan bagi siapa saja walaupun tidak memvaporitekan warna orange. Sedangkan warna orange sendiri adalah peleburan dari warna merah dan kuning yang mana kedua warna ini sama-sama mempunyai efek yang kuat serta hangat.

2. Warna putih

Bersih dan suci, begitulah pada umumnya kebanyakan orang mengartikan dari warna putih ini. Bila dilambangkan pada sifat manusia bisa dikatakan hati yang bersih jauh dari rasa iri dan dengki.

3. Warna hitam

Hitam adalah lambang kewibawaan, ketegasan, kekuatan yang tidak mudah dikotori atau tidak mudah terpengaruh dan mampu menjadi penyeimbang dalam segala situasi. Warna hitam memang warna yang sangat cocok dipadupadankan dengan warna lainnya sehingga melambangkan keharmonisan yang kuat.

4. Merah

Warna merah memberi kesan berani dan kebahagiaan. Melambangkan rasa percaya diri dan pribadi yang hangat.

Dewasa ini motif celugam sudah menjadi trend fashion yang sangat diminati bagi para pencinta fashion yang menyukai etnik dengan nilai seni yang tinggi.

Aksesoris bermotif celugan juga sangat bervariasi dari kalung, cluth, dompet, tas, kain, jilbab, bahkan pemanis pada busana wanita maupun pakaian pria.

Sedangkan untuk perlengkapan rumah tangga juga sangat cocok menampilkan etnik celugam ini, seperti wadah tisue, taplak meja, bantal kursi ada juga tatakan gelas, wah pokoknya ok punya deh. Siapa saja yang mempunyai selera tinggi dari nilai seni yang khas tentu akan merasa bangga untuk memilikinya.

Sudah sepantasnya kita sebagai bangsa yang memiliki banyak ragam etnik melestarikan apa-apa yang kita punyai seperti motif celugan khas Lampung Barat ini, kalau bukan kita para putra dan putri bangsa Indonesia siapa lagi yang akan melestarikan dan mengenalkan etnik yang kita miliki.

Bagalah dengan karya seni bangsa sendiri sebelum karya seni yang cantik unik dan menarik diakui oleh bangsa lain, jangan ngaku cinta Indonesia di mulut doang ya. Cinta Indonesia berarti cinta juga dengan etnik negeri sendiri. Motif celugan khas Lampung Barat sudah sepantasnya menjadi kebanggan negeri ini dan menjadi salah satu ikon dari Lampung Barat yang beribu kota Liwa.

Kalau ada yang sempat berkunjung ke kota Liwa kamu akan melihat langsung betapa bangganya kami warga Lampung Barat memiliki motif celugam ini, kota Liwa yang sejuk dihiasi oleh warna-warni motif celugam menjadi semakin semarak dan hangat juga damai dalam keberagaam suku dan agama.

Nah sekarang sudah tahukan? Lampung Barat tidak hanya penghasil kopi robusta dengan cita rasa terbaiknya tetapi mempunyai yang unik dan cantik yaitu, motif celugamnya.

artikel : Motif Celugam Khas dari Lampung Barat

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

25 komentar:

  1. Luar biasa motiv celugam nya mbak bagus dan sangat mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, kami butuh dukungan semua pihak untuk celugam tetap lestari

      Hapus
  2. kaya benar indonesia ini dengan berbagai motif khas kain ya Bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia sangat kaya akan motif-motif yang unik, celugam salah satunya kekayaan budaya negeri ini

      Hapus
  3. I enjoy it, satu lg kekayaan budaya indonesia yang arus slalu dilestarikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kami terus berupaya untuk mendapatkan pengakuan hak paten akan motif celugam

      Hapus
  4. wuaa, cantik banget banget motifnyaa. syukaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. motif celugam memang cantik karena terdiri dari warna yang eksotik

      Hapus
  5. Motif celugam bagus banget. Saya suka. Paduan warnanya cantik dan berani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. paduan warnanya memang cantik dan menggunakan warna-warna yang menggambarkan kesucian, kehangatan, keberanian dan kewibawaan

      Hapus
  6. setiap daerah memiliki motif khas tersendiri.. termasuk lampung ini.
    km orang mana mbk maya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul ini khas Lampung Barat, saya berdarah Palembang yang hidup di Lampung

      Hapus
  7. Owh ternyata ini motif celugam tho, ibu saya punya mba baju yang bagian depan ada kaya motifnya gtu cuma ya gak tahu kalo itu motif celugam namanya, hehe
    Thanks infonya mba jadi tambah pengetahuan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betulkan? Wah kalau gitu kami ucapkan terima kasih sudah memilih motif celugam

      Hapus
  8. celugam itu apa ya artinya atau filosopinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang bilang celugam singkatan dari culuk gham yang artinya tangan kami, jadi bisa diartikan karya seni dari tangan kami, sampai sekarang blm dapat info lain selain info ini
      melihat dari warnanya yaitu melambangkan kehangatan, kesucian, keberanian dan kewibawaan yang harmonis

      Hapus
  9. bagus banget nih cocok buat di pake ibu2 bapak2, dan kayaknya emg desainya untuk org yg lebih tua ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh itu tidak benar, desain celugam ini sangat cocok untuk siapa saja baik tua maupun muda, ibu-ibu ataupun bapak-bapak
      tinggal bagaimana kreatifitas memadupadankannya dan mengaplikasikannya bagi mereka khususnya yg punya jiwa fashion dan dan sangat memperhatikan penampilannya

      Hapus
  10. Filosofinya luar biasa ya motif ini mbak may :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya karena budaya Indonesia tidak sekedar budaya, tapi melambangkan suatu yang luar biasa hehe

      Hapus
  11. Sebenarnya tadi mo tanya celugam itu apa? Ternyata sdah ada yg nanya ... Emm... Yaudah semoga kedepan makin banyak di kenal dan di cintai aja

    Mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Celugam adalah khas dari Lampung Barat yang sedang diupayakan untuk dilestarikan dan menjadi salah satu ikon khas lambar

      Hapus
  12. oh, memang wajib ada semua warna itu ke? kalau tidak guna warna2 itu, apa kesannya? atau, warna itu lebih menyerlah daripada warna lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna dari motif celugam ini memang terdiri dari empat warna itu, jadi tidak bisa di padukan dengan warna lain ini memang sudah khas dari awal mulanya

      Hapus
  13. Celugam,, semoga tetap lestari dan gak lekang dimakan zaman :)

    BalasHapus

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu